PENGATURAN TERHADAP INVENSI YANG BERKAITAN DENGAN KEPENTINGAN PUBLIK MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2016 TENTANG PATEN (STUDI TERHADAP VAKSIN COVID-19)

Baiq, Ratna Soliha Oktaviana (2021) PENGATURAN TERHADAP INVENSI YANG BERKAITAN DENGAN KEPENTINGAN PUBLIK MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2016 TENTANG PATEN (STUDI TERHADAP VAKSIN COVID-19). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SIDANG ACC AAMIIN-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang mewabah telah memberikan dampak di berbagai bidang kehidupan, baik bidang ekonomi, politik maupun pendidikan. Hal tersebut mewajibkan pemerintah untuk menjamin keselamatan masyarakat melalui vaksinasi Covid-19. Vaksin tersebut merupakan invensi yang menguasai hajat hidup banyak orang yang harus dilindungi oleh pemerintah melalui hak paten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaturan terhadap invensi yang berkaitan dengan kepentingan publik menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2016 tentang paten (studi terhadap vaksin Covid-19). Untuk menganalisis tersebut, digunakan penelitian normatif. Hasil dari penelitian menemukan bahwa vaksin covid-19 sebagai invensi yang menguasai hajat hidup banyak orang telah diatur dalam Konstitusi yaitu UUD Tahun 1945 maupun Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2016 tentang Paten. Invensi tersebut apabila telah dipatenkan maka pengguanaanya terbatas sehingga memerlukan pelaksanaan sendiri oleh pemerintah melalui lisensi wajib (compulsory license). Lisensi wajib paten terhadap paten Covid-19 telah dibolehkan menurut Konvensi Paris, TRIPs, maupun UU paten. Alasan pentingnya paten Covid-19 adalah untuk mencegah penyalahgunaan hak pemegang paten yang merugikan masyarakat atau kepentingan publik, dalam memenuhi kebutuhan mendesak suatu Negara atau situasi kondisi ekstrem lainnya dikarenakan hal ini untuk kepentingan kesehatan masyarakat. Dimana tanggung jawab Negara yaitu untuk pemenuhan vaksin Covid-19 sebagai kebutuhan semua orang atau masyarakat dalam menghadapi virus Covid-19 ini. Maka dengan ini penerapan suatu paten ini yang disebabkan karena adanya konflik kepentingan (conflict of interest) terutama dari segi aspek politik dan ekonomi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Invensi, Kepentingan publik, dan Vaksin Covid-19.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Nov 2021 03:05
Last Modified: 15 Nov 2021 03:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25923

Actions (login required)

View Item View Item