DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DESA SANDIK LOMBOK BARAT

AFRIAN, WISUDA (2021) DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DESA SANDIK LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di era milenial, smartphone selalu digunakan untuk hal dalam berkomunikasi terutama dalam komunikasi jarak jauh, namun seiring penggunaan smartphone untuk berkomunikasi selalu diutamakan dalam kegiatan lainnya selain komunikasi. Anak usia sekolah dasar telah dapat menggunakan smartphone karena dimudahkan oleh orang-orang terdekat terutama orang tua mereka sendiri. Perannya dalam penggunaan smartphone tidak pada komunikasi dengan orang tua, keluarga, dan lainnya akan tetapi digunakan sebagai bentuk komunikasi pada permainan secara online yang saat ini sedang banyak diminati oleh kalangan anak usia sekolah dasar yang mengenal smartphone. Penelitian ini dengan judul “Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Komunikasi Interpersonal pada Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Sandik Lombok Barat”. Memiliki rumusan masalah bagaimana Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Komunikasi Interpersonal Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Sandik Lombok Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Komunikasi Interpersonal Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Sandik Lombok Barat. Jenis penelitian ini menggunakan metodologi kualtitatif. Adapaun sumber data yang digunakan adalah data premier dan data sekunder. Landasan teori digunakan adalah teori komunikasi, komunikasi interpersonal, media komunikasi, penggunaan smartphone, anak usia sekolah dasar, anak usia sekolah dasar dan gadget. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa dampak penggunaan smartphone terhadap komunikasi interpersonal pada anak usia sekolah dasar di Desa Sandik Lombok Barat meliputi dampak negatif dan dampak positif. Dampak negatif yaitu anak menggunakan kata-kata/diksi kasar ketika berbicara dengan orang tua dan teman sebayanya, ketika anak sedang menggunakan smartphone anak cenderung tidak memperhatikan pembicaraan dengan orang tuanya, dampak positif, anak usia sekolah dasar lebih berani mengemukaan pendapatnya ketika berbicara dengan orangtuanya, memudahkan komunikasi interpersonal antara anak dengan orangtuanya kapan saja, memiliki pengetahuan tentang istilah dalam bahasa asing lebih dini walaupun belum belajar bahasa asing tersebut secara formal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Komunikasi interpersonal, anak usia sekolah dasar, dampak Smartphone.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Nov 2021 23:49
Last Modified: 17 Nov 2021 23:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26085

Actions (login required)

View Item View Item