STRATEGI BERJUALAN PEDAGANG KAKI LIMA DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN DITENGAH PANDEMI COVID-19 PASCA NEW NORMAL LIFE DI KAWASAN LINGKAR SELATAN KOTA MATARAM

Hendra, Kusma Hartiadi (2021) STRATEGI BERJUALAN PEDAGANG KAKI LIMA DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN DITENGAH PANDEMI COVID-19 PASCA NEW NORMAL LIFE DI KAWASAN LINGKAR SELATAN KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Hendra ACC doc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Covid-19 yang masuk ke Kota Mataram memberikan dampak yang cukup besar terhadap tingkat penurunan ekonomi mmasyarakat di Kota Mataram,khususnya bagi pedagang kaki lima di Lingkar Selatan Kota Mataram,yang paling terdampak akibat dari pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan perilaku konsumen ditengah pandemi covid-19 dan faktor pendorong perubahan,kemudian mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan pedagang kaki lima dalam menghadapi perubahan perilaku konsumen ditengah pandemi covid-19 pasca new normal di Kawasan Lingkar Selatan Kota Mataram serta peran pemerintah dalam memberikan berbagai bentuk bantuan melalui Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pedagang kaki lima di Lingkar Selatan kemudian konsumen yang sedang melakukan aktivitas di kawasan tersebut. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah informan tiga belas orang yang terdiri dari pedagang kaki lima,konsumen kemudian Kepala Bidang Perdagangan Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan teori Pertukaran dari George Hommans kemudian Pilihan Rasional dari James Coleman sebagai analisis hasil penelitian yang dilakukan Hasil penelitian menunjukan bahwa perubahan yang dilakukan oleh konsumen merupakan respon yang dilakukan dari perubahan kondisi lingkungan akibat dampak dari pandemi covid-19, perubahan kondisi lingkungan akibat dari pandemi covid-19 menyebabkan munculnya berbagai bentuk perubahan yang dilakukan oleh konsumen antara lain 1).Berkurangnya aktivitas ekonominya2).Mengedepankan kebutuhan pokok 3). Intensitas penerapan protokol kesehatan meningkat. Strategi yang dilakukan oleh pedagang kaki lima bertujuan untuk menarik kembali minat konsumen di lapaknya. Strategi yang dilakukan oleh pedagang kaki lima antara lain adalah 1). Menerapkan protokol kesehatan saat berjualan 2). Menurunkan harga barang jualan 3). Menyediakan protokol kesehatan di lapaknya. Permasalahan yang dihadapi konsumen menyebabkan pemerintah melalui Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Mataram memberikan bantuan untuk menunjang usaha pedagang kaki lima ditengah pandemi covid-19 dengan bantuan yang diberikan berupa uang tunai.gerobak etalase kemudian sembako.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci:Perubahan Perilaku Konsumen, Strategi Pedagang Kaki Lima, Bentuk Dukungan Pemerintah
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Nov 2021 07:12
Last Modified: 23 Nov 2021 07:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26153

Actions (login required)

View Item View Item