KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MAHASISWA UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA DALAM MENGHADAPI GEGAR BUDAYA (Studi Tentang Gegar Budaya yang dialami Mahasiswa UTS dari Jabodetabek)

NADA, FRIMANANDA SIDETA (2021) KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MAHASISWA UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA DALAM MENGHADAPI GEGAR BUDAYA (Studi Tentang Gegar Budaya yang dialami Mahasiswa UTS dari Jabodetabek). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Nada Frimananda Sideta_L1B017079.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nada Frimananda Sideta. Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa Dalam Menghadapi Gegar Budaya (Studi Tentang Gegar Budaya yang Dialami Mahasiswa UTS dari Jabodetabek). Dibimbing oleh Ir. Wayan Suadnya, M.Agr.Sc., Ph.D. dan Yulanda Trisula Sidarta Yohanes, S.I.Kom., M.I.Kom. Melakukan perantauan bukanlah suatu hal yang mudah karena individu akan bertemu dengan lingkungan dan budaya baru yang berbeda. Hal ini dapat menyebabkan individu mengalami gegar budaya saat melakukan komunikasi antarbudaya di perantauan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan apa saja yang terjadi dalam proses komunikasi antarbudaya mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa dalam menghadapi gegar budaya, serta bagaimana komunikasi antarbudaya mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa dalam menghadapi gegar budaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 15 informan berupa purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, selanjutnya teknik keabsahan data menggunakan jenis triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu selamaproses interaksi, informan mengalami beberapa hambatan, salah satunya yaitu miskomunikasi karena penggunaan bahasa daerah yang dominan oleh warga lokal. Hal itulah yang memicu terjadinya gegar budaya pada mahasiswa UTS dari Jabodetabek. Namun hambatan tersebut dapat diatasi dengan beradaptasi dan mempelajari bahasa daerah Sumbawa. Sehingga dapat dikatakan bahwa komunikasi antrbudaya efektif dalam menghadapi gegar budaya yang dialami oleh mahasiswa UTS dari Jabodetabek.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Budaya, Gegar Budaya, Komunikasi Antarbudaya
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Nov 2021 07:13
Last Modified: 23 Nov 2021 07:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26160

Actions (login required)

View Item View Item