PERBANDINGAN KLASIFIKASI STATUS GIZI BALITA KELURAHAN PAGESANGAN BARAT MENGGUNAKAN CLASSIFICATION AND REGRESSION TREES (CART) DAN NAÏVE BAYES CLASSIFICATION (NBC)

NURUL, INSAN (2021) PERBANDINGAN KLASIFIKASI STATUS GIZI BALITA KELURAHAN PAGESANGAN BARAT MENGGUNAKAN CLASSIFICATION AND REGRESSION TREES (CART) DAN NAÏVE BAYES CLASSIFICATION (NBC). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURUL INSAN (G1D015035).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan metode Classification and Regression Trees (CART) dan Naïve Bayes Classification (NBC) dalam mengklasifikasikan status gizi balita Kelurahan Pagesangan Barat dengan melihat nilai akurasinya dan juga mengetahui variabel yang berpengaruh terhadap pengklasifikasian status gizi balita. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu balita yang datang ke posyandu pada bulan Mei 2019, dengan variabel prediktor yang digunakan yaitu jenis kelamin, umur, berat badan, status pekerjaan ibu, tingkat pendidikan ibu, jumlah anak dan penghasilan orang tua. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, Naïve Bayes Classification (NBC) lebih baik dalam mengklasfikasikan status gizi balita Kelurahan Pagesangan Barat dari pada Classification and Regression Trees (CART). Hal ini dapat diketahui dari nilai akurasi yang diperoleh dengan tiga perbandingan data training dan data testing yang digunakan. Pada perbandingan 90% data training : 10% data testing, diperoleh nilai akurasi 90% untuk NBC dan 85% untuk CART, pada perbandingan 80% data training : 20% data testing, diperoleh nilai akurasi 82.5% untuk NBC dan 80% untuk CART sedangkan pada perbandingan 70% data training : 30% data testing, diperoleh nilai akurasi 72% untuk NBC dan 70% untuk CART. Dari penelitian ini juga diketahui variabel yang berpengaruh terhadap pengklasifikasian status gizi balita Kelurahan Pagesangan Barat yaitu umur, jenis kelamin, berat badan dan penghasilan orang tua.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Akurasi, Classification and Regression Trees (CART), Naïve Bayes Classification (NBC), Status Gizi Balita.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Nov 2021 05:43
Last Modified: 24 Nov 2021 05:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26192

Actions (login required)

View Item View Item