STRATEGI KOMUNIKASI RADIO SUARA KANCANTA 100,3 FM DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PENDENGAR

Usniwati, Usniwati (2021) STRATEGI KOMUNIKASI RADIO SUARA KANCANTA 100,3 FM DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PENDENGAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi usniwati jadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan semua media semakin canggih, sangat pesat, dan cepat dalam menyebarkan semua hal yang diperlukan dan dibutuhkan masyarakat.Sehingga masyarakat sangat dimudahkan dalam mengakses beragam informasi.Salah satu media yang digunakan yaitu radio merupakan media elektronik yang hadir ditengah-tengah masyarakat dengan memiliki karakteristik berupa media audio yang masih digunakan sampai saat ini.Munculnya banyak radio baru dan media canggih lainnya yang membuat radio suara kancanta mengalami persaingan semakin ketat dalam menarik perhatian masyarakat.Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi radio suara kancanta dalam mempertahankan loyalitas pendengar.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian uji keabsahan data dengan triangulasi teknik pengumpulan data.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh Radio Suara Kancanta Dalam Mempertahankan Loyalitas Pendengar yakni melakukan kegiatan promosi dan membuat program yang menarik minat pendengar yang dilakukan terlebih dahulu yaitu melakukan proses analisis dan riset khalayak dan kebutuhan khalayak, menentukan kebijakan yang dibuat berdasarkan keputusan semua pihak yang ada di Radio Suara Kancanta. Kegiatan promosi dilakukan oleh Radio Suara Kancanta yang pesannya berisi terkait tawaran kerja sama dengan mitra sedangkan kepada pendengar berisi program infomatif, edukatif dan hiburan dengan menggunakan media elektronik radio dan media sosial sebagai sarana untuk melakukan promosi dan penyebarluasan informasi. kegiatan promosi dan pembuatan program ditujukan kepada mitra kerja dan pendengar. Kemudian efek yang ditimbulkan dari stategi komunikasi yang dilakukan yaitu tingkat partisipasi masyarakat masih kurang terlihat dari tanggapan masyarakat ketika radio memposting terkait penawaran maupun program acaranya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci :Strategi Komunikasi, Radio Suara Kancanta, Loyalitas Pendengar
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Nov 2021 06:33
Last Modified: 25 Nov 2021 06:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26205

Actions (login required)

View Item View Item