NILAI TRADISI NGEJOT ( Peran Tradisi Ngejot Dalam Merekatkan Hubungan Sosial Masyarakat Desa Lenek, Kecamatan Lenek, Kabupaten Lombok Timur, NTB )

YUNITA, ROSIANA (2021) NILAI TRADISI NGEJOT ( Peran Tradisi Ngejot Dalam Merekatkan Hubungan Sosial Masyarakat Desa Lenek, Kecamatan Lenek, Kabupaten Lombok Timur, NTB ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUNITA ROSIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Desa Lenek memiliki berbagai macam tradisi kebudayaan salah satunya yaitu tradisi ngejot. Ngejot berarti mengantarkan sesaji dengan menggunakan wadah dulang yang berisikan makanan khas Desa Lenek. Dimana kegiatan ngejot dilakukan oleh anak perempuan terkhusus bagi yang sudah berkeluarga maupun menantu perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan tradisi ngejot, nilai yang terkandung dalam tradisi ngejot dan peran nilai dalam merekatkan hubungan sosial masyarakat desa lenek. Penelitian ini menggunakan Teori Konstruksi Sosial dari Peter L. Berger dan Thomas Luckman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan penelitian masyarakat desa lenek dan dipilih berdasarkan teknik sampling Snowball. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non-partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Hubermas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Tradisi ngejot dilaksanakan oleh masyarakat lenek pada zaman dulu yaitu sesudah hari raya idul fitri sedangkan masyarakat lenek pada saat ini melaksanakan tradisi ngejot sehari sebelum hari raya idul fitri. Nilai yang terkandung didalam tradisi ngejot yaitu 1. Nilai Religius,2. Nilai Sosial,3. Nilai Ekonomi,4. Nilai Hrmonis. Sedangkan untuk Peran tradisi ngejot dalam merekatkan hubungan sosial masyarakat Desa Lenek antara lain : 1. Ajang Untuk Memperkenalkan Keluarga, 2. Menghindari perselisihan antar masyarakat, 3. Menumbuhkan Rasa Welas Asih, 4. Menumbuhkan budaya gotong royong.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kunci : Ngejot, Nilai, Hubungan Sosial
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Nov 2021 06:35
Last Modified: 25 Nov 2021 06:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26219

Actions (login required)

View Item View Item