PENGARUH MEDIA PERMAINAN CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS II SDN 35 NUNGGA

TAZKIYATUL, BANNAT (2021) PENGARUH MEDIA PERMAINAN CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS II SDN 35 NUNGGA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data wawancara yang menyatakan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan ide mereka baik secara lisan dan tulisan. Salah satu yang menyebabkan hal tersebut adalah belum maksimalnya penggunaan media pembelajaran yang juga membuat suasana belajar menjadi kurang menarik. Salah satu media yang digunakan untuk memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa adalah media permainan congklak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media permainan congklak terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas II SDN 35 Nungga tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen tipe one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II dengan jumlah sampel 11 siswa. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes komunikasi matematis tertulis dan lisan dengan jumlah soal masing-masing adalah 8 butir soal. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji MANOVA menunjukan: 1) Ada pengaruh media permainan congklak terhadap kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa Kelas II SDN 35 Nungga yang ditunjukkan dengan hasil signifikansi (Sig.) pre-test post-test komunikasi matematis tertulis yaitu sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima; dan, 2) Ada pengaruh media permainan congklak terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa lisan siswa Kelas II SDN 35 Nungga yang ditunjukkan dengan hasil signifikansi (Sig.) pre-test post-test komunikasi matematis lisan yaitu sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diketahui bahwa media permainan congklak berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa Kelas II SDN 35 Nungga. Melalui media permainan congklak yang dilakukan bersama teman sebaya dapat memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan dan melatih siswa untuk menyusun strategi dalam memenangkan permainan, sehingga penggunaan media permainan congklak dapat merangsang siswa untuk mengkomunikasikan ide baru kepada temannya dan proses belajar menjadi menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Media Permainan Congklak, Kemampuan Komunikasi Matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Dec 2021 23:58
Last Modified: 01 Dec 2021 23:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26302

Actions (login required)

View Item View Item