ANALISIS STRUKTUR BIAYA DAN PENDAPATAN USAHA AGROINDUSTRI BERBAHAN BAKU PISANG DI KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT

AHMAD, RIFALDI (2021) ANALISIS STRUKTUR BIAYA DAN PENDAPATAN USAHA AGROINDUSTRI BERBAHAN BAKU PISANG DI KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AHMAD RIFALDI (C1G117007) .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui struktur biaya produksi pada usaha agroindustri berbahan baku pisang di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. (2) Untuk mengetahui pendapatan yang diperoleh dari usaha agroindustri olahan berbahan baku pisang di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. (3) Untuk mengetahui kelayakan usaha agroindustri berbahan baku pisang di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Suranadi, Sesaot, Nyiurlembang, Penangku, Keru dan pakuan Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat, sebagai lokasi penelitian ditentukan secara purposive sampling dengan pertimbangan bahwa hanya pada enam desa tersebut agroindustri pisang yang masih aktif memproduksi keripik pisang dan dodol pisang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: Analisis Struktur Biaya, Analisis Pendapatan dan Analisis Kelayakan R/C ratio Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Struktur biaya yang digunakan terdiri atas biaya variabel dan biaya tetap. Rata-rata komposisi biaya yang digunakan agroindutri pisang di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat paling banyak dikeluarkan untuk biaya variabel. rata - rata biaya variabel yang digunakan pada produk dodol pisang sebanyak Rp 438.500 dengan persentase sebesar 91,44%, sedangkan rata-rata biaya variabel keripik pisang yaitu Rp 401.818,18 dengan persentase sebesar 98,89%. Rata rata biaya tetap yang digunakan pada produk dodol pisang sebesar Rp 41.051,4 dengan persentase sebesar 8,56%, sedangkan rata-rata biaya tetap keripik pisang yaitu Rp 4.510,33 dengan persentase sebesar 1,11%. Rata rata total biaya produksi yang digunakan pada agrodustri dodol pisang ialah sebanyak Rp 479.551,4 Sedangkan rata rata total biaya produksi yang digunakan pada agroindustri keripik pisang ialah Rp 406.328,5 dalam satu kali proses produksi. (2) Rata rata pendapatan yang dihasilkan pada agrodustri dodol pisang pisang di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat ialah sebesar Rp 217.949 Sedangkan rata rata pendapatan yang dihasilkan pada agroindustri keripik pisang ialah sebesar Rp 385.489. (3) Usaha agroindustri berbahan baku pisang di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat secara ekonomi termasuk kategori layak atau layak untuk diusahakan. Hal ini ditunjukkan oleh angka R/C pada produk dodol pisang sebesar 1,47 dan pada keripik pisang 2,0.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Struktur Biaya, Pendapatan, Kelayakan Usaha
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Dec 2021 23:59
Last Modified: 01 Dec 2021 23:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26323

Actions (login required)

View Item View Item