ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS V SDN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021

Farida, Septiana Anwar (2021) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS V SDN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FARIDA SEPTIANA ANWAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

xv Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis cerpen siswa kelas V SDN 7 Mataram tahun ajaran 2020/2021 dalam hal (1) kelengkapan aspek formal, (2) unsur-unsur cerita seperti tema, tokoh, latar dan alur, (3) kalimat efektif, penggunaan ejaan, dan keterpaduan antarparagraf. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VB SDN 7 Mataram. Penelitian ini akan mengambil sampel sebanyak 20 cerpen karya sisswa SDN 7 Mataram. Teknik pengambilan sampel data pada penelitian ini adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan analisis dokumen berupa cerpen karya siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah rubrik penilaian cerpen yang telah divalidasi oleh ahli (expert judgement). Analisis data yang digunakan adalah analisis isi/content analysis. Hasil analisis cerpen siswa menunjukan bahwa (1) segi kelengkapan aspek formal siswa-siswi kelas V SDN 7 Mataram memperoleh hasil 38,75%, dan masuk kedalam kategori rendah, (2) segi unsur-unsur cerita masuk kedalam kategori sangat baik karena nilai yang diperoleh yaitu sebesar 96,25%, (3) segi kalimat efektif dapat dikategorikan cukup karena nilai rata-rata sebesar 62,5%, dari segi penggunaan ejaan yaitu sebesar 81,25% masuk kedalam kategori baik, dari segi aspek keterpaduan antarparagraf mendapatkan kategori sangat baik karena rata-rata skor sebesar 91,25%. Dengan demikian, kemampuan menulis cerpen siswa kelas V SDN 7 Mataram berada pada kategori cukup baik karena nilai rata-rata keseluruhan aspek yang telah dinilai sebesar 74,25%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Menulis, Cerpen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Dec 2021 23:59
Last Modified: 01 Dec 2021 23:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26326

Actions (login required)

View Item View Item