PERAN BUDAYA SORONG SERAH AJI KRAME DALAM MEMBENTUK SOLIDARITAS MASYARAKAT DESA PERBAWE KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Lalu, Satria Gunawan (2021) PERAN BUDAYA SORONG SERAH AJI KRAME DALAM MEMBENTUK SOLIDARITAS MASYARAKAT DESA PERBAWE KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi lalu satria gunawan JILID skripsi.11docx-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengkaji tentang peran tradisi sorong serah dalam membentuk solidaritas masyarakat desda Perbawe. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan teori soildaritas Emile Durkheim dan teori Strukturasi Anthony Giddens. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sejarah munculnya tradisi sorong serah aji krsame secara garis besar sudah ada pada masa kerajaan selaparang di Lombok. sorong serah aji krame merupakan serah terima nilai adat pada masyarakat sasak. Proses dalam pelaksanaan tradisi sorong serah aji krame dalam masyarakat desa Perbawe yaitu pembuatan kelompok sorong serah aji krame, pengutusan pisolo, persiapan barisan sorong serah aji krame, balas tembang, pemeriksaan alat dan bahan tradisi sorong serah, dan terakhir penutup. Dalam menjaga eksistensi dan meningkatkan solidaritas masyarakat desa Perbawe mengenai tradisi sorong serah aji krame, terdapat berbagai aturan yang diberlakukan pada masyarakat desa perbawe. dalam masyarakat desa perbawe aturan yang diberlakukan berupa pengucilan terhadap masyarakat yang tidak menggikuti tradisi sorong serah aji krame. dalam adat, aturan yang diberlakukan berupa kewajiban bagi masyarakat menak Perbawe untuk mengikuti karena dalam pelaksanaan tradisi ini akan menentukan garis keturunan dalam sebuah keluarga masyarakat di desa Perbawe.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: tradisi sorong serah aji krame, solidaritas
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Dec 2021 05:36
Last Modified: 02 Dec 2021 05:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26354

Actions (login required)

View Item View Item