BENTUK ISTILAH, SINGKATAN, DAN AKRONIM SERTA KEBERTERIMAANYA PADA BUKU BAHASA INDONESIA KELAS VII TERBITAN 2017 KURIKULUM 2013

TRIKUSNIATI, TRIKUSNIATI (2021) BENTUK ISTILAH, SINGKATAN, DAN AKRONIM SERTA KEBERTERIMAANYA PADA BUKU BAHASA INDONESIA KELAS VII TERBITAN 2017 KURIKULUM 2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Trikusniati ALhamdulillah Ujian Revisi 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan keberterimaan bentuk istilah, singkatan, dan akronim pada buku bahasa Indonesia kelas VII terbitan 2017 kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang berjenis studi dokumen/teks. Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi dengan teknik catat. Setelah semua data dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang dilanjutkan dengan analisis kuantitatif sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk istilah yang terdapat pada buku bahasa Indonesia kelas VII sejumlah 30 data bentuk istilah, 29 data bentuk singkatan, dan 9 data bentuk akronim. Berdasarkan hasil analisis data istilah, singkatan, dan akronim yang terdapat pada buku bahasa Indonesia kelas VII dapat disimpulkan bahwa bentuk- bentuk istilah, singkatan, dan akronim dapat berterima dengan siswa (pengguna) dengan alasan: (1) bentuk istilah yang terdapat pada buku bahasa Indonesia kelas VII menggunakan istilah yang sudah diketahui, dipelajari, dan diajarkan pada pembelajaran tertentu atau pada bidang ilmu lain. (2) bentuk singkatan dan akronim dalam buku bahasa Indonesia kelas VII menggunakan singkatan dan akronim yang sudah umum, mudah dimengerti, dan sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Meskipun demikian, ada beberapa istilah yang ditemukan pada buku bahasa Indonesia kelas VII yang sulit dipahami oleh siswa/(pengguna) seperti istilah pada bidang ilmu kimia pada data (20) tanin, (21) asam fenolat, dan (22) antosianin. Istilah-istilah tersebut adalah istilah yang spesifik pada bidang ilmu kimia sehingga tidak memenuhi kriteria keberterimaan pada alasan yang (1).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: istilah, singkatan, akronim, buku bahasa Indonesia kelas VII.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Dec 2021 05:35
Last Modified: 02 Dec 2021 05:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26359

Actions (login required)

View Item View Item