STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PASLON PADA KAMPANYE DI MASA PANDEMIC COVID-19 (Studi Kasus Pada Paslon Pemenang Pilkada Kabupaten Sumbawa 2020)

KHAIRUNNISA, KHAIRUNNISA (2021) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PASLON PADA KAMPANYE DI MASA PANDEMIC COVID-19 (Studi Kasus Pada Paslon Pemenang Pilkada Kabupaten Sumbawa 2020). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Khairunnisa L1B017050.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemilu/Pilkada merupakan sarana demokrasi Indonesia guna mewujudkan sistem pemerintahan. Pada 9 Desember 2020, Kabupaten Sumbawa melangsungkan pilkada yang berbeda dengan tahun sebelumnya karena adanya Pandemic Covid-19, berbagai proses pelaksanaan Pilkada dilakukan dengan menerapkan protocol Covid-19. Hal tersebut tentunya membuat pasangan calon harus menyiapkan langkah-langkah dalam menentukan strategi komunikasi politik dalam kampanye yang tepat dimasa pandemic agar bisa memenangkan pilkada Sumbawa tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi politik pasangan calon Mo-Novi saat kampanye dimasa pandemic, apa saja faktor penghambat yang dialami oleh pasangan calon tersebut sehingga bisa mencapai kemenangan. Peneliti menggunakan teori Political Marketing sebagai acuan dalam melakukan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman, selanjutnya teknik keabsahan data menggunakan tiga tahap analisis yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan strategi pasangan calon dalam menentukan strategi komunikasi politik menggunakan pendekatan Political Marketing dalam penggunaan dan pelaksanaan produk, promosi, harga hingga tempat pelaksanaan kampanye. Selain itu, pasangan calon juga menggunakakan strategi pendekatan push marketing (kampanye secara langsung), pull marketing (kampanye menggunakan media), dan pass marketing (kampanye dengan melakukan pendekatan kepada tokoh masyarakat) sebagai strategi dalam proses pelaksanaan kampanye. Berdasarkan hasil penelitian peneliti ada beberapa saran diantaranya, (1) Saat evaluasi bisa menggunakan analisis SWOT sebagai salah satu cara mencari peluang dalam kekurangan/kendala yang diterima agar bisa menyiapkan strategi komunikasi politik lebih baik. (2) Lebih memaksimalkan penggunaan media sosial khususnya pasangan calon agar masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi terkait visi misi, program paslon karena mengingat kampanye dilakukan di masa pandemic Covid-19.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Strategi Komunikasi Politik, Paslon, Kampanye, Masa Pandemic covid-19
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Dec 2021 03:05
Last Modified: 07 Dec 2021 03:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26390

Actions (login required)

View Item View Item