MOTIF BANTUAN LUAR NEGERI CHINA TERHADAP PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR SRI LANKA (STUDI KASUS AKUISISI PELABUHAN HAMBANTOTA 2017)

INDAH, DIAN SARI (2021) MOTIF BANTUAN LUAR NEGERI CHINA TERHADAP PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR SRI LANKA (STUDI KASUS AKUISISI PELABUHAN HAMBANTOTA 2017). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI INDAH DIAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui motif yang melatarbelakangi bantuan luar negeri yang diberikan oleh China kepada Sri Lanka dalam pembangunan pelabuhan Hambantota milik Sri Lanka. Pada dasarnya, Sri Lanka yang merupakan salah satu negara berkembang, memang kerap melakukan kerja sama dengan negara lain guna menunjang perekonomian negaranya. Salah satunya adalah kerja sama yang dilakukan dengan China. Akan tetapi, kerja sama yang pada awalnya direncanakan untuk membantu meningkatkan perekonomian Sri Lanka melalui pembangunan pelabuhan Hambantota, justru berubah menjadi petaka bagi Sri Lanka. Hal ini karena pelabuhan Hambantota tersebut diakuisisi oleh China karena Sri Lanka tidak dapat membayar hutangnya kepada China. Berdasarkan konsep Donor Motives and Interest milik John Degnbol-Martinussen dan Poul Engberg-Pedersen, skripsi ini akan membahas kasus akuisisi pelabuhan Hambantota yang terjadi antara China dan Sri Lanka tersebut. Mengingat, setiap negara pendonor (kreditur) pastilah memiliki kepentingan masing-masing dalam setiap bantuan luar negeri yang diberikan untuk negara peminjam (debitur).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Batuan Luar Negeri, Akuisisi, Belt Road Initiative, Motif dan Kepentingan.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:16
Last Modified: 13 Dec 2021 04:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26410

Actions (login required)

View Item View Item