PERILAKU MAKAN DAN JENIS PAKAN LUTUNG (Trachypithecus auratus) di KAWASAN HUTAN KEMASYARAKATAN (HKm) SANTONG KPH RINJANI BARAT

Ari, Santika (2021) PERILAKU MAKAN DAN JENIS PAKAN LUTUNG (Trachypithecus auratus) di KAWASAN HUTAN KEMASYARAKATAN (HKm) SANTONG KPH RINJANI BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ari santika C1L017013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan Lutung di alam saat ini terancam akibat berbagai macam permasalahan, diantaranya adalah hilangnya habitat, alih fungsi lahan, perburuan dan kegiatan pertanian serta perkebunan (IUCN, 2021). Secara ekologis, Lutung berperan sebagai penyebar biji dan penyubur tanah. Faktor pakan dan perilaku makan sangat penting untuk diketahui guna mendukung upaya konservasi dan pengelolaan kawasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku makan Lutung (Trachypithecus Auratus) di Kawasan HKm Santong KPH Rinjani Barat. Metode utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode scan sampling. Penelitian ini di analisis menggunakan metode analisis deskriptif dan kuantitatif. Dari pengamatan yang telah dilakukan diperoleh data perilaku makan mengamati (13,84%), memilih (10,17%), mengambil (30,51%), membawa (8,76%), mengunyah (9,32%), menggigit (17,23%), menelan (4.52%), membuang (5.65%). Jenis pakan Lutung di Kawasan HKm Santong berjumlah 8 jenis tumbuhan antara lain Ara, Bajur, Dadap, Gamal, Goak, Langsat, Liana, dan Mendong. Dari pengamatan yang telah dilakukan lutung lebih banyak memakan daun di banding dengan buah. Pohon pakan dengan frekuensi penggunaan tertinggi berada pada kelas diameter 60 – < 80 cm dengan kelas tinggi 10 m - < 20 m dan lebar tajuk 10 m - < 20 m. Berdasarkan hasil penelitian terindikasi bahwa variasi jenis pakan Lutung di HKm Santong tergolong rendah, oleh karena itu dibutuhkan upaya pembinaan habitat melalui penanaman serta pengkayaan jenis tanaman pakan Lutung oleh petugas yang berwenang maupun masyarakat sekitar kawasan, guna mendukung upaya pelestarian satwa dilindungi ini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: lutung, perilaku makan, jenis pakan, hkm santong
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:16
Last Modified: 13 Dec 2021 04:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26411

Actions (login required)

View Item View Item