HUBUNGAN PENGUASAAN KONSEP DENGAN TAHAP PENALARAN MORAL SISWA SMAN DI KOTA MATARAM MELALUI PENDEKATAN ISU SOSIO SAINTIFIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

EVA, SUJIATI (2021) HUBUNGAN PENGUASAAN KONSEP DENGAN TAHAP PENALARAN MORAL SISWA SMAN DI KOTA MATARAM MELALUI PENDEKATAN ISU SOSIO SAINTIFIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EVA SUJIATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penguasaan konsep dan tahap penalaran moral siswa SMA di Kota Mataram dan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan konsep dan tahap penalaran moral siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA di kota Mataram dan sampel terdiri dari 171 siswa kelas XII yang berasal dari tiga SMA Negeri di Kota Mataram. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes penguasaan konsep berupa pertanyaan pilihan ganda dan tes tahap penalaran moral dengan menggunakan kuesioner mengenai isu sosio-saintifik. Hasil penelitian secara keseluruhan terdiri dari (1) Uji penguasaan konsep materi sistem reproduksi peserta didik masuk kedalam kategori kurang dengan persentase sebesar 45%. (2) Uji penalaran moral peserta didik masuk ke dalam kategori tahap penalaran pemula dengan persentase 56% (3) Uji korelasi mengenai penguasaan konsep dan tahap penalaran moral menggunakan korelasi spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan (r= 0835, p= 0,000) dengan arah positif. Hubungan positif dan signifikan ini dapat di artikan bahwa semakin tinggi penguasaan konsep materi sistem reproduksi peserta didik maka semakin baik tahap penalaran moral siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Penguasaan konsep, tahap penalaran moral, pendekatan isu sosio saintifik
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Dec 2021 02:24
Last Modified: 13 Dec 2021 02:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26422

Actions (login required)

View Item View Item