ANALISIS KEEFEKTIVAN BLENDED LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 2 TALIWANG

ELLYND, DWI KURNIA (2021) ANALISIS KEEFEKTIVAN BLENDED LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 2 TALIWANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ELLYND DWI KURNIA (E1A017018)_ SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan blended learning merupakan solusi keterbatasan ruang, waktu dan sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan blended learning di SMAN 2 Taliwang selama pandemi Covid-19 dan mengetahui keefektivan blended learning terhadap literasi sains dan hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA di SMAN 2 Taliwang yang berjumlah 62 orang terdiri dari 2 kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, tes, dan studi dokumen. Hasil menunjukkan bahwa penerapan blended learning selama pandemi Covid- 19 terbagi antara pembelajaran tatap muka dan online yang terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, proses pembelajaran dan evaluasi. Tahap perencanaan guru membuat jadwal pembelajaran, pembagian waktu mengajar antar guru, menyiapkan perangkat pembelajaran, materi, kegiatan belajar mengajar, media pembelajaran dan evaluasi. Tahap proses pembelajaran guru melakukan interaksi belajar mengajar, menjelaskan materi, pemberian tugas dan latihan baik secara langsung melalui tatap muka maupun secara online melalui Google Form dan aplikasi elektronik seperti WhatsApp. Tahap evaluasi dinilai melalui penilaian kognitif (pengetahuan) melalui tugas atau portofolio dan penilaian afektif (sikap) dengan menilai yang aktif mengikuti pembelajaran dan merespon.Kemampuan literasi sains siswa kelas X MIPA pada materi bakteri di SMAN 2 Taliwang dengan penerapan blended learning cukup efektif dengan persentase 60% sehingga dikategorikan sedang, sedangkan pencapaian hasil belajar pada materi virus dengan penerapan blended learning tidak efektif dengan persentase 14% sehingga dikategorikan rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: blended learning, efektivitas,literasi sains dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Dec 2021 02:24
Last Modified: 13 Dec 2021 02:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26423

Actions (login required)

View Item View Item