PERBANDINGAN GAMBARAN KLINIS PASIEN COVID-19 DALAM KEHAMILAN DAN TIDAK DALAM KEHAMILAN YANG DIRAWAT INAP DI RS UNIVERSITAS MATARAM

Putu, Diah Ananda Putri Atmaja (2021) PERBANDINGAN GAMBARAN KLINIS PASIEN COVID-19 DALAM KEHAMILAN DAN TIDAK DALAM KEHAMILAN YANG DIRAWAT INAP DI RS UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI Putu Diah Ananda Putri Atmaja (H1A018079).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Wanita hamil termasuk kelompok rentan terinfeksi COVID-19. Perubahan fisiologis selama kehamilan menyebabkan wanita hamil lebih rentan terhadap komplikasi yang di timbulkan dari infeksi virus. Hingga saat ini di NTB belum ditemukan adanya penelitian mengenai gambaran klinis pasien COVID-19 dalam kehamilan dan tidak dalam kehamilan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk membandingkan gambaran klinis wanita hamil dan tidak hamil dengan COVID-19 di RS Universitas Mataram. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan pendekatan potong lintang, menggunakan data sekunder berupa rekam medis wanita hamil dan wanita tidak hamil yang terkonfirmasi positif COVID-19 dengan RT-PCR. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling, pemilihan sampel dilakukan berdasarkan populasi terjangkau, kriteria inklusi, dan kriterian ekslusi. Data yang didapatkan diolah dengan SPSS versi 25. Hasil: Pada studi ini didapatkan 145 wanita konfirmasi COVID-19 dengan RT-PCR, dimana 89 merupakan wanita hamil dan 56 tidak hamil. Berdasarkan usia kehamilan pada kelompok wanita hamil 85.4% pada kehamilan trimester ke-3. Manifestasi klinis pada wanita hamil 73.0% asimptomatis dan pada wanita tidak hamil 60.7% simptomatis. Pada wanita hamil simptomatis gejala klinis yang paling banyak muncul adalah mual muntah, batuk, dan sakit kepala, dan pada wanita tidak hamil simptomatis gejala klinis yang paling banyak muncul adalah batuk, anosmia, dan sakit kepala. Pada analisis uji chi-square perbedaan manifestasi klinis pada wanita hamil dan tidak hamil dengan COVID-19 didapatkan p=0.000 (p<0.05) terdapat perbedaan bermakna pada manifestasi klinis. Kesimpulan: Didapatkan perbedaan bermakna manifestasi klinis pada wanita hamil dan wanita tidak hamil dengan COVID-19.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Manifestasi klinis, COVID-19, SARS-CoV-2, Kehamilan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Dec 2021 04:01
Last Modified: 14 Dec 2021 04:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26475

Actions (login required)

View Item View Item