HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU TENAGA KESEHATAN MENGENAI PENGGUNAAN MASKER DENGAN KEJADIAN MASKNE DI RUMAH SAKIT UMUM TIPE B DAN C DI KOTA MATARAM

DINDA, RIFDAYANI INAYAH (2021) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU TENAGA KESEHATAN MENGENAI PENGGUNAAN MASKER DENGAN KEJADIAN MASKNE DI RUMAH SAKIT UMUM TIPE B DAN C DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI DINDA RIFDAYANI H1A018026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)

Abstract

Latar Belakang: Akhir Desember 2019 di kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok ditemukan sejumlah pasien coronavirus 2019 (COVID-19) yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. WHO menetapkan status Global Emergency untuk penyakit ini karena virus ini telah menyebar ke berbagai belahan dunia. Penularan virus tersebut dapat menyebar melalui droplet seperti saat batuk maupun bersin. Menurut panduan WHO 2020 penggunaan alat pelindung diri (APD) salah satunya masker dapat menurunkan risiko infeksi virus, terutama untuk tenaga kesehatan yang kontak langsung dengan pasien di rumah sakit. Penggunaan APD yang berkepanjangan memiliki kerugian seperti lesi pada kulit, akne yang memburuk serta kesulitan bernapas saat menggunakan masker. Akne yang timbul akibat penggunaan masker dikenal dengan istilah mask akne (maskne). Pengetahuan, sikap dan perilaku tenaga kesehatan dalam menggunakan masker dapat meminimalisir terjadinya maskne. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Subjek penelitian adalah 104 responden di rumah sakit umum tipe b dan c di Kota Mataram yaitu RSUD Provinsi NTB dan RS Universitas Mataram. Pengambilan data menggunakan data primer. Analisis data dilakukan dengan uji Lambda. Hasil: Pada penelitian ini pada variabel pengetahuan didapatkan 41 responden (39,4%) pengetahuan baik. Pada variabel sikap didapatkan 37 responden (35,6%) memiliki sikap baik terhadap penggunaan masker, sedangkan pada variabel perilaku didapatkan sejumlah 26 responden (25,0%) memiliki perilaku baik, Dari 104 responden didapatkan 44 responden (42,3%) mengalami maskne dan 60 (57,7%) responden tidak mengalami maskne. Analisis yang digunakan yaitu uji Lambda menunjukkan terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap dan perilaku terhadap penggunaan masker dengan kejadian maskne (p=0,014; p=0,000; p=0,006) Simpulan: Terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap dan perilaku tenaga kesehatan terhadap penggunaan masker dengan kejadian maskne di rumah sakit umum tipe b dan c di Kota Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Tenaga Kesehatan, Masker, Akne
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Dec 2021 05:47
Last Modified: 22 Dec 2021 05:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26681

Actions (login required)

View Item View Item