ANALISIS EKONOMIS PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA ON-GRID 10 kWp MENGGUNAKAN HOMER DI UNIVERSITAS ISLAM AL-AZHAR MATARAM

VIRGIAN, PUJI HADIANTO (2021) ANALISIS EKONOMIS PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA ON-GRID 10 kWp MENGGUNAKAN HOMER DI UNIVERSITAS ISLAM AL-AZHAR MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA_Virgian Puji Hadianto_F1B017091.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Listrik merupakan salah satu energi yang sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup dan mempercepat kemajuan ilmu dan teknologi, kebutuhan akan energi listrik mengalami kenaikan yang sangat pesat. Untuk mengatasi meningkatnya penggunaan energi listrik dan menekan pembiayaan yang tinggi, dibangunlah pembangkit energi terbarukan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). PLTS adalah suatu pembangkit yang mengkonversikan energi foton dari surya menjadi energi listrik, PLTS terbagi menjadi Off- Grid (stand alone) dan On-Grid (terhubung dengan jaringan PLN). Saat ini penggunaan PLTS sudah meningkat, baik digunakan untuk rumah tinggal maupun untuk instansi-intansi pemerintah dan swasta. Salah satunya penggunaan PLTS di Universitas Islam Al-Azhar Mataram dengan penggunaan sistem On-Grid dengan kapasitas 10 kWp tanpa menggunakan baterai. Dengan kebutuhan yang semakin meningkat pihak Universitas Islam Al-Azhar Mataram memiliki rencana untuk menambah kapasitas PLTS menjadi 20 kWp beberapa tahun kedepan. Oleh karena adanya penambahan kapasitas PLTS kedepannya maka perlu dianalisis lebih lanjut perhitungan secara ekonomis dengan simulasi mempergunakan HOMER. HOMER dipergunakan untuk mencari konfigurasi sistem mana yang paling ekonomis berdasarkan nilai Net Present Cost (NPC), Cost Of Energy (COE), total produksi energi, dan Renewable Penetration (RP). Berdasarkan nilai tersebut didapatkan konfigurasi sistem paling ekonomis dengan menggunakan sistem PLTS On-Grid 20 kWp tanpa baterai, berdasarkan nilai Net Present Cost dan Cost Of Energy terendah dengan nilai Net Present Cost sebesar Rp. 3.260.109.732,09 dan untuk Cost Of Energy sebesar Rp 1.329,21 /kWh, dan diperoleh berdasarkan nilai total produksi energi dan Renewable Penetration tertinggi dengan nilai total produksi energi sebesar 194.047 kWh/tahun, untuk nilai Renewable Penetration di peroleh sebesar 11,8 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : PLTS, Ekonomis, On-Grid, HOMER
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:34
Last Modified: 28 Dec 2021 02:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26766

Actions (login required)

View Item View Item