IDENTIFIKASI PERSEPSI MAHASISWA TENTANG SISTEM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEDIK PEMASANGAN KATETER URINE DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM

Achmad, Mujahidin Irham (2021) IDENTIFIKASI PERSEPSI MAHASISWA TENTANG SISTEM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEDIK PEMASANGAN KATETER URINE DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI Achmad Mujahidin Irham.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Penguasaan mahasiswa dalam keterampilan medik merupakan aspek yang sangat penting yang akan menjembatani antara kompetensi klinis dan pengetahuan prosedural. Berdasarkan Standar Kompetensi Dokter Indonesia 2012, keterampilan pemasangan kateter urine memiliki kompetensi 4A yang artinya seorang lulusan dokter layanan primer harus mampu melakukan secara mandiri. Persepsi mahasiswa tentang sistem pembelajaran dan lingkungan belajar akan menjadi landasan dalam memaksimalkan dan memvariasikan sistem maupun lingkungan pembelajaran. Pengetahuan dasar mahasiswa terkait suatu sistem pembelajaran akan memengaruhi persepsi dan bagaimana proses belajar mahasiswa untuk selanjutnya. Pandemi Covid-19 menjadi salah satu hambatan mahasiswa dalam pembelajaran khususnya dibidang keterampilan medik. Dimana sistem pembelajaran yang awalnya dengan metode offline berubah menjadi pembelajaran secara online, Saat ini, Fakultas Kedokteran Universitas Mataram juga menghadapi kegiatan perkuliahan dan keterampilan medik secara online. Metode: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan analitik dengan desain penelitian cross-sectional pada mahasiswa semester V dan VII Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dan sampel diminta mengisi kuesioner tentang persepsi keterampilan medik pemasangan kateter urine. Selanjutnya dilakukan pencarian hubungan antara metode pembelajaran dengan hasil ujian utama dan apakah terdapat perbedaan tingkat persepsi dengan metode pembelajaran keterampilan medik mahasiswa. Hasil: Dari 196 responden terdiri dari laki-laki (34,7%) dan perempuan (65,3%), semester V (51%) dan semester VII (49%) dengan rentang usia 19-23 tahun. Persepsi baik mengenai keterampilan medik pemasangan kateter urine dilihat dari persentase dari faktor motivasi (96,9%), instruktur (89,8%-100%), kesadaran diri (99%-100%), suasana belajar (81,1%- 96,9%), sarana dan prasarana (43,4%- 89,3%), kepercayaan diri (57,7%-99,5%), dan lingkungan belajar klinik (89,8%). Adapun persepsi tidak baik hanya terdapat pada perbedaan belajar di manekin dengan pasien (56,6%). Hasil penelitian bivariat menggunakan uji chi-square didapatkan tidak ada hubungan antara metode pembelajaran keterampilan medik pemasangan kateter urine dengan hasil ujian utama pada mahasiswa (p > 0,05), p=0,474, serta tidak didapatkan perbedaan yang bermakna antara tingkat persepsi dengan metode pembelajaran keterampilan medik mahasiswa. Simpulan: Keseluruhan mahasiswa memiliki persepsi baik tentang sistem pembelajaran keterampilan medik pemasangan kateter urine. Tidak ada hubungan antara metode pembelajaran dan hasil ujian utama mahasiswa. Serta tidak didapatkan perbedaan yang bermakna antara tingkat persepsi dengan metode pembelajaran keterampilan medik mahasiswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: persepsi mahasiswa, keterampilan medik, pemasangan kateter urine.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Dec 2021 00:22
Last Modified: 29 Dec 2021 00:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26772

Actions (login required)

View Item View Item