HUBUNGAN ANTARA DURATION OF ILLNESS DENGAN GAMBARAN SITOLOGI DENGAN METODE FINE NEEDLE ASPIRATION BIOPSY (FNAB) PADA PENDERITA LIMFADENITIS TUBERKULOSIS DI RSUD PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT TAHUN 2019

Putu Reyhan Irza Dhaneswara, I (2021) HUBUNGAN ANTARA DURATION OF ILLNESS DENGAN GAMBARAN SITOLOGI DENGAN METODE FINE NEEDLE ASPIRATION BIOPSY (FNAB) PADA PENDERITA LIMFADENITIS TUBERKULOSIS DI RSUD PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT TAHUN 2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI+Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Salah satu manifestasi tersering dari Tuberkulosis ekstra paru adalah limfadenitis Tuberkulosis, Tuberkulosis dapat menyebabkan granuloma yang diinduksi oleh banyak faktor. Data dan penelitian mengenai hal ini di Indonesia masih sangat kurang sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Duration of Illness dengan hasil gambaran sitologi dengan metode FNAB. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini diikuti oleh 21 subjek penelitian. Penelitian dengan rancangan cross sectional mencakup jenis penelitian yang pengukuran variabel-variabelnya dilakukan hanya satu kali dalam suatu waktu, pada penelitian ini metode pendekatan yang dilakukan adalah retrospektif. Hasil: Berdasarkan data rekam medis dari 21 pasien, didapatkan pasien dengan duration of illness > 2 minggu sebanyak 13 orang (61,9%) dan < 2 minggu sebanyak 8 orang (38,1%). Gambaran FNAB menunjukkan 16 pasien (76,2%) WOG dan 5 orang (23,8%) POG. Berdasarkan hasil uji normalitas dengan Kolmogorov- Smirnov dan Saphiro-wilk didapatkan hasil nilai signifikansi 0,000 dan 0,013 untuk Kolmogorov smirnov, sedangkan 0,000 dan 0,001 untuk Saphiro wilk sehingga hasil ini menunjukkan data tidak terdistribusi normal. Untuk hasil uji spearman’s rho didapatkan nilai signifikansi 0,027 yang menunjukkan bahwa kedua variabel tidak terdapat hubungan atau korelasi. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara Duration of illness dengan hasil gambaran sitologi dengan metode FNAB pada penderita limfadenitis tuberkulosis di RSUD Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Duration of illness, Fine Needle Aspiration Biopsy, Limfadenitis Tuberkulosis
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Dec 2021 00:22
Last Modified: 29 Dec 2021 00:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26773

Actions (login required)

View Item View Item