HUBUNGAN USIA DAN KEBIASAAN BERKEMIH DENGAN KEJADIAN OVERACTIVE BLADDER (OAB) PADA PERAWAT WANITA DI RUMAH SAKIT RISA SENTRA MEDIKA MATARAM

Gusti Bagus Widiamatra Linggabudi, I (2021) HUBUNGAN USIA DAN KEBIASAAN BERKEMIH DENGAN KEJADIAN OVERACTIVE BLADDER (OAB) PADA PERAWAT WANITA DI RUMAH SAKIT RISA SENTRA MEDIKA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
(KTI) HUBUNGAN USIA DAN KEBIASAAN BERKEMIH DENGAN KEJADIAN OVERACTIVE BLADDER (OAB) PADA PERAWAT .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)

Abstract

Latar Belakang: Overactive bladder (OAB) merupakan sindroma kronis yang memiliki pengaruh yang besar terhadap kualitas hidup penderitanya. OAB merupakan sebuah penyakit yang prevalen, dengan kejadiannya secara umum adalah 16.5%. Perawat wanita lebih mungkin terkena OAB karena kondisi kerja mereka dan kebiasaan berkemih yang buruk. Karena risiko infeksi lebih besar dikarenakan pendeknya uretra pada perawat wanita, sehingga peneliti bertujuan untuk mengetahui insidensi penderita OAB pada perawat wanita bagian bedah di Rumah Sakit Risa dengan menggunakan OABSS. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelatif dengan rancangan cross sectional. Penelitian dengan rancangan cross sectional merupakan penelitian yang pengukuran variabel-variabelnya dilakukan hanya satu kali dalam suatu waktu. Hasil: Pada penelitian ini didapatkan 56 sampel yang memenuhi kriteria sebagai subjek penelitian, 16 sampel mengalami OAB (28,6%) dan sisanya tidak mengalami OAB. Sampel yang mengalami OAB ini terbagi menjadi 13 OAB ringan (23,2%) dan 3 OAB sedang (5,4%). Rerata skor kebiasaan berkemih adalah 0,47. Rata-rata usia responden adalah 32 tahun, dengan usia terbanyak adalah 28 tahun. Simpulan: Prevalensi kasus OAB pada perawat wanita dalam penelitian ini adalah 16 sampel (28,6%). Responden dengan OAB memiliki rerata skor kebiasaan berkemih yang lebih buruk. Responden dengan OAB memiliki rerata usia yang lebih tinggi. Kebiasaan berkemih memiliki korelasi berlawanan yang sangat lemah dengan kejadian OAB pada perawat wanita. Usia memiliki korelasi yang sangat lemah dengan kejadian OAB pada perawat wanita.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: OAB, usia, kebiasaan berkemih, perawat Wanita
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Dec 2021 06:58
Last Modified: 29 Dec 2021 06:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26777

Actions (login required)

View Item View Item