HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN KEJADIAN GASTROESOPHAGEAL REFLUX DISEASE PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM

Faris, Rizki Ardhan (2021) HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN KEJADIAN GASTROESOPHAGEAL REFLUX DISEASE PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah KTI - Faris Rizki Ardhan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan salah satu gangguan gastrointestinal kronis yang banyak dijumpai pada orang dewasa. GERD terjadi ketika isi lambung mengalami refluks dan naik ke esofagus akibat disfungsi sfingter esofagus bagian bawah. Studi dari Arab Saudi prevalensi GERD 23,5 - 45,4%. Prevalensi GERD mahasiswa umum di Arab Saudi didapatkan 23,8%. Adapun data prevalensi pada mahasiswa kesehatan di Arab Saudi yaitu 28,6% dan GERD pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala sebesar 17,9%. Di Indonesia belum ada data mengenai prevalensi GERD, namun studi yang dilakukan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menyatakan bahwa adanya peningkatan prevalensi pasien GERD dari 6% tahun 1997 menjadi 26% pada tahun 2002. Salah satu faktor risiko yang dapat mempengaruhi kejadian GERD adalah pola makan makan yang buruk. Tujuan : Untuk mengetahui Hubungan Pola Makan dengan Kejadian Gastroesophageal Reflux Disease Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode age and sex match case control. Sampel penelitian adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah consecutive sampling. Pengambilan data dilakukan pada bulan September- Oktober menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan uji Chi Square. Hasil : Dari 118 mahasiswa didapatkan 43 orang dengan pola makan baik dan 16 orang dengan pola makan buruk pada kelompok kasus sedangkan pada kelompok kontrol didapatkan 52 orang dengan pola makan baik dan 7 orang dengan pola makan buruk. Analisis yang digunakan yaitu uji Chi Square menunjukan terdapat hubungan antara pola makan dengan kejadian Gastroesophageal Reflux Disease (p=0,036) dan didapatkan odds ratio pola makan terhadap GERD (OR 2,764 CI 95% 1,042 – 7,334). Kesimpulan : Terdapat hubungan antara pola makan dengan kejadian Gastroesophageal Reflux Disease pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : GERD, Pola Makan, Mahasiswa Kedokteran.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Dec 2021 06:58
Last Modified: 29 Dec 2021 06:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26779

Actions (login required)

View Item View Item