HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU TENAGA KESEHATAN MENGENAI HAND HYGIENE DENGAN KEJADIAN DERMATITIS TANGAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TIPE B DI KOTA MATARAM

HUMAIRA, AZKA RUSYDA (2021) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU TENAGA KESEHATAN MENGENAI HAND HYGIENE DENGAN KEJADIAN DERMATITIS TANGAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TIPE B DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI - Humaira Azka Rusyda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: COVID-19 adalah penyakit disebabkan oleh virus korona baru, bernama SARS-CoV-2 yang telah menyebar dengan cepat ke 72 negara hingga saat ini. Hand hygiene yang dilakukan oleh tenaga kesehatan memiliki peranan penting dalam mencegah infeksi maupun penularan virus. Namun, tindakan hand hygiene yang sering dilakukan dapat menyebabkan berbagai perubahan pada tekstur kulit, mulai dari perkembangan xerosis kulit (kulit kering) hingga dermatitis kontak iritan (DKI) atau, bahkan, dermatitis kontak alergi (DKA). Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Subjek penelitian adalah 100 responden di Rumah Sakit Umum Daerah Tipe B di Kota Mataram. Teknik pengambilan sample yang digunakan yaitu convenience sampling. Pengambilan data menggunakan data primer. Analisis data dilakukan dengan uji hipotesis lambda. Hasil: Pada penelitian ini pada variabel pengetahuan terdapat dari 41 responden (41%) dengan pengetahuan baik, 40 responden (40%) dengan pengetahuan cukup dan 19 responden (19%) dengan pengetahuan buruk. Pada variabel sikap didapatkan 19 responden (19%) memiliki sikap yang buruk, 38 responden (38%) memiliki sikap cukup dan 43 responden (43%) memiliki sikap baik mengenai hand hygiene, sedangkan pada variabel perilaku didapatkan sejumlah 54 responden (54 %) memiliki perilaku baik, sebanyak 17 responden (17%) memiliki perilaku cukup, dan sejumlah 29 orang (29%) memiliki perilaku buruk. Dari 100 responden didapatkan 35 responden (35%) mengalami dermatitis tangan dan 65 (65%) responden tidak mengalami dermatitis tangan. Analisis yang digunakan yaitu uji Lambda menunjukkan terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap dan perilaku mengenai hand hygiene dengan kejadian dermatitis tangan (p=0,005; p=0,000; p=0,000) Simpulan: Terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap dan perilaku tenaga kesehatan mengenai hand hygiene dengan kejadian dermatitis tangan di Rumah Sakit Umum Daerah Tipe B di Kota Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: pengetahuan, sikap, perilaku, tenaga kesehatan, hand hygiene, dermatitis tangan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Dec 2021 23:52
Last Modified: 29 Dec 2021 23:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26796

Actions (login required)

View Item View Item