HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN PRESTASI AKADEMIK SELAMA COVID-19 PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM

Audrey, Farezqi (2021) HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN PRESTASI AKADEMIK SELAMA COVID-19 PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI_Audrey Farezqi_H1A016006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Indonesia mengonfirmasi pasien COVID pertama pada tanggal 2 Maret 2020 dan pada tanggal 10 Maret 2021 sudah tercatat sebanyak 1,3 juta kasus di Indonesia. Studi cross-sectional oleh Guan (2020) yang melibatkan 24.678 mahasiswa di Zhengzhou, Provinsi Henan, Cina, selama Februari 2020 menunjukkan adanya peningkatan prevalensi kecemasan terhadap pandemi COVID-19 sebanyak 7,3% pada mahasiswa dengan kemampuan kognitif lebih rendah. Kemampuan kognitif merupakan salah satu faktor internal yang memengaruhi penilaian prestasi akademik. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti akan melakukan penelitian tentang Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Prestasi Akademik selama Pandemi COVID-19 pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan terhadap prestasi akademik pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram selama Pandemi COVID-19. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai sarana pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan mengenai tingkat kecemasan terhadap prestasi akademik pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter dan memberikan tambahan referensi tentang tingkat kecemasan terhadap prestasi akademik pada mahasiswa pendidikan dokter. Metode: penelitian ini adalah penelitian analitik dengan desain penelitian cross- sectional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gangguan kecemasan dengan prestasi akademik pada mahasiswa preklinik program studi pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram selama pandemi COVID-19. Hasil: Mayoritas responden merupakan mahasiswa angkatan 2018 (52,5%). Hal ini diikuti oleh mahasiswa angkatan 2019 (41,6%) dan mahasiswa angkatan 2017 (5,9%). Kebanyakan responden adalah perempuan (67,3%) dibandingkan laki-laki (32,7%). Rerata umur responden adalah 20 tahun. Umur responden terkecil adalah 19 tahun dan tertua adalah 24 tahun. Umur terbanyak adalah 21 tahun. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kecemasan dengan prestasi akademik pada mahasiswa fakultas kedokteran program studi pendidikan dokter. Kekuatan hubungan antara tingkat kecemasan dengan prestasi akademik sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: kecemasan, prestasi akademik, COVID-19, mahasiswa
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Dec 2021 23:52
Last Modified: 29 Dec 2021 23:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26801

Actions (login required)

View Item View Item