PELAYANAN SEKOLAH ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SEKOLAH (Studi kasus pada SMA Harapan Medan, SMA Al Azhar Medan dan SMA Shafiyyatul Amaliyyah Medan)

Wahyudi, Heri and Arifin, M.Husni and Nasution, Inom and Wiyarni, Arti (2021) PELAYANAN SEKOLAH ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SEKOLAH (Studi kasus pada SMA Harapan Medan, SMA Al Azhar Medan dan SMA Shafiyyatul Amaliyyah Medan). Prosiding Seminar Nasional Sosiologi, 2. pp. 424-436. ISSN 2775-9121

[img]
Preview
Text
PELAYANAN SEKOLAH ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SEKOLAH (Studi kasus pada SMA Harapan Medan, SMA Al Azhar Medan dan SMA Shafiyyatul Amaliyyah Medan).pdf

Download (384kB) | Preview
Official URL: http://sensosio.unram.ac.id/

Abstract

Banyak bentuk pelayanan yang diberikan sekolah terkait peningkatan kualitas, tetapi sekolah harus memiliki skala prioritas memberikan pelayanan yang ideal agar sesuai dengan harapan semua pelanggan. Untuk dapat melihat keberlangsungan pemberian pelayanan sekolah.Metode penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan dan kualitas pelangan yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan kualitas sekolah.Pelayanan yang diberikan ke tiga (3) sekolah lebih diarahkan pada pemenuhan sarana dan fasilitas, peningkatan mutu guru dan peningkatan kelulusan siswa masuk ke perguruan tinggi. Pelayanan yang diberikan sekolah, secara umum sudah sesuai dengan standar yang berlaku, dan para orang tua juga mengakuinya, sekolah melakukan berbagai cara dalam melayani warga sekolah, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap sekolah semakin tinggi dan bisa dipertahankan.Penelitian yang melibatkan tiga (3) sekolah berwawasan Islam ini, memberi kesimpulan (1) Pelaksanaan pelayanan yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan kualitas sekolah sudah menunjukkan hal positif, dimana ke tiga sekolah dalam memenuhi sarana dan fasilitas sekolah melebihi dari standar sekolah. (2) Peran kepala sekolah dalam memenuhi kepuasan pelanggan untuk meningkatkan kualitas sekolah sudah dilakukan dengan maksimal, dimana kepala sekolah dalam menjalankan perannya tidak berjalan sendiri, tetapi mendapat dukungan penuh dari pihak Yayasan.(3) Kepuasan pelanggan yang diberikan sekolah dalam meningkatkan kualitas sekolah sudah dilakukan dengan maksimal, dimana kepuasan utama terletak pada lolosnya siswa masuk ke perguruan tinggi bereputasi baik, dan ketiga sekolah sudah menunjukkan hal tersebut, dimana siswa yang lolos ke perguruan tinggi bereputasi baik, dan selebih lolos di perguruan tinggi lainnya.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Pelayanan,kepuasan,Kualitas
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Depositing User: Seminar Nasional Sosiologi
Date Deposited: 03 Jan 2022 00:45
Last Modified: 03 Jan 2022 00:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26858

Actions (login required)

View Item View Item