Perbedaan Perbandingan Ibu dan Ayah yang Bekerja di Sektor Formal dalam Pembelajaran Anak Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Orangtua Khbp Jitra Kota Bengkulu)

Silalahi, Febry Reza and Nopianti, Heni and Widiyarti, Diyas (2021) Perbedaan Perbandingan Ibu dan Ayah yang Bekerja di Sektor Formal dalam Pembelajaran Anak Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Orangtua Khbp Jitra Kota Bengkulu). Prosiding Seminar Nasional Sosiologi, 2. pp. 437-444. ISSN 2775-9121

[img]
Preview
Text
The Differences Of Working Mother And Father Assistance In The Formal Sector In Children's Learning During The Covid-19 Pandemic.pdf

Download (648kB) | Preview
Official URL: http://sensosio.unram.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pendampingan Ayah dan Ibu yang bekerja di sektor formal dalam pembelajaran anak pada masa pandemi Covid-19. Lokasi penelitian dilakukan di HKBP Jitra Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan paradigma fakta sosial dengan teori fungsionalisme struktural. Teori fungsionalisme struktural menekankan kepada keteraturan (order), mengabaikan konflik, dan perubahan-perubahan dalam masyarakat. Konsep-konsep utamanya adalah fungsi, disfungsi, fungsi manifest, dan keseimbangan equilibrium. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kuantitatif deskriptif dengan analisis data tabulasi silang dalam bentuk persentase, pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan wawancara. Penentuan responden menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 31 pasang orang tua yaitu ayah dan ibu yang bekerja di sektor formal dan memiliki anak yang bersekolah daring dari tingkat Sekolah Dasar sampai tingkat Sekolah Menengah Pertama. Penelitian menghasilkan informasi bahwa ibu lebih mendominasi dalam membimbing belajar anak pada masa pandemi Covid-19. Adanya bentuk peran yang dilakukan Ayah dan Ibu terhadap anak yaitu sebagai pendidik, sebagai teman dan sebagai pengawas. Dalam menjalankan perannya sebagai pendidik, salah satu usaha yang dilakukan orang tua adalah menyekolahkan anak-anaknya. Selanjutnya peran sebagai pengawas, orang tua berusaha tetap dapat mengawasi anaknya ketika belajar. Upaya yang dilakukan orang tua dalam memenuhi kebutuhan pendidikan formal anak yaitu: pertama, menyediakan fasilitas belajar. Dalam penyediaan fasilitas belajar orang tua menyediakan buku, handphone, laptop, kuota internet, mengikut sertakan anak dalam kegiatan les. Kedua, mengawasi kegiatan belajar dan penggunaan waktu belajar di rumah. Ketiga, mengetahui kesulitan anak dalam belajar. Keempat, menolong anak mengatasi kesulitannya.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Ayah dan Ibu Bekerja, Pendampingan, Pembelajaran Anak, Sektor Formal
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Depositing User: Seminar Nasional Sosiologi
Date Deposited: 03 Jan 2022 00:45
Last Modified: 03 Jan 2022 00:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26859

Actions (login required)

View Item View Item