Respon Masyarakat dalam Pencegahan Pandemi Covid-19 di Era Kenormalan Baru Pada Daerah Rawan Bencana (Studi Kasus Masyarakat Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang)

Putri, Zeni Eka and Azwar, Azwar and Elfitra, Elfitra (2021) Respon Masyarakat dalam Pencegahan Pandemi Covid-19 di Era Kenormalan Baru Pada Daerah Rawan Bencana (Studi Kasus Masyarakat Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang). Prosiding Seminar Nasional Sosiologi 2021, 2. pp. 358-383. ISSN 2775-9121

[img]
Preview
Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
RESPON~1.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://sensosio.unram.ac.id/

Abstract

Kota Padang memasuki masa transisi new normal 8- 12 Juni 2020. Pada masa transisi tersebut dilakukan sosialisasi mengenai Peraturan Walikota Padang No. 49 Tahun 2020 tentang Pola Hidup Baru dalam Masa Pandemi Corona Virus Disesase 2019. Pola hidup yang baru, sudah tentu harus tetap memperhatikan protocol kesehatan. Mengutip dari Mead, aktor manusia lebih cenderung berfikir terhadap respon yang sesuai. Dalam memikirkan respon tersebut orang tidak hanya mempertimbangkan situasi terkini, tetapi juga pengalaman masa lalu dan juga antisipasi terhadap akibat-akibat perbuatan tersebut di masa depan. Sebagaimana dengan impuls-impuls lain, bisa terkait dengan masalah di lingkungannya yang harus diatasi aktor (Ritzer dan Goodman, 2009: 380). Tujuan penelitian adalah; 1)Memahami pengetahuan masyarat terhadap covid-19 dan kenormalan baru; 2)Mengidentifikasi bentuk-bentuk respon masyarakat terhadap pandemic covid-19 dan penerapan kenormalan baru; 3) Mendeskripsikan peluang dan hambatan secara sosial dan budaya terhadap penerapan kenormalan baru. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2020 dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah informan sebanyak 38 orang. Dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: a. Masyarakat sudah memiliki pengetahuan mengenai covid-19 dan kenormalan baru. Pengetahuan meliputi gejala covid-19, protocol kesehatan, serta tes swab dan tes rapid. b. Sudah ada upaya pencegahan covid-19 di era kenormalan baru pada masyarakat Kelurahan Purus baik pada saat melakukan aktivitas wisata di Pantai Purus, aktivitas sosial dan budaya, aktivitas ekonomi dan aktivitas keagamaan. c. Ada peluang dan hambatan dalam pencegahan covid-19 di era kenormalan baru.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Respon, pencegahan pandemi, covid-19, kenormalan baru
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Depositing User: Seminar Nasional Sosiologi
Date Deposited: 02 Jan 2022 23:46
Last Modified: 02 Jan 2022 23:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26863

Actions (login required)

View Item View Item