HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN KETAJAMAN PENGLIHATAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM ANGKATAN 2018

ASTRI, SUMANDARI (2021) HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN KETAJAMAN PENGLIHATAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM ANGKATAN 2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI Astri Sumandari PALING FINAL CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: sebanyak 93,9% masyarakat Indonesia mengakses internet menggunakan smartphone setiap harinya. Penggunaan smartphone oleh kalangan pelajar/mahasiswa cukup tinggi yaitu 70,98%. Selama terjadinya pandemi covid- 19 terjadi peningkatan penggunaan smartphone dan akses internet oleh masyarakat yaitu lebih dari 8 jam perhari. Menatap layar gadget dalam waktu yang lama akan menyebabkan mata terus-menerus berakomodasi yang menyebabkan kelelahan pada mata dan berpegaruh terhadap ketajaman penglihatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan durasi penggunaan smartphone dengan ketajaman penglihatan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram angkatan 2018. Metode: penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan rancangan studi kohort. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram angkatan 2018 yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Data diperoleh melalui pengukuran visus naturalis dan koreksi terbaik sebanyak dua kali pengukuran dimana rentang waktu pengukuran pertama dan kedua adalah satu bulan. Hasil: responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 48 orang, dengan responden terbanyak berjenis kelamin perempuan (72,9%) dan responden dengan usia terbanyak yaitu 21 tahun (56,3%), Berdasarkan hasil uji statistik, tidak ada perbedaan yang bermakna pada visus naturalis antara pengukuran 1 dan 2 (p=0,332). Dari hasil uji korelasi, tidak terdapat hubungan antara durasi penggunaan smartphone dengan ketajaman penglihatan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram angkatan 2018 dengan nilai p>0,05. Kesimpulan: responden paling banyak dalam penelitian ini adalah perempuan dan usia terbanyak 21 tahun. Berdasarkan hasil uji statistik, tidak terdapat hubungan antara durasi penggunaan smartphone dengan ketajaman peglihatan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram angkatan 2018, namun terdapat kecenderungan peningkatan penggunaan smartphone dengan rata-rata penggunaan 7,75 jam/hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: ketajaman penglihatan, smartphone, durasi penggunaan smartphone
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jan 2022 02:04
Last Modified: 05 Jan 2022 02:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26883

Actions (login required)

View Item View Item