ANALISIS IDENTIFIKASI PERUBAHAN IKLIM DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA JARINGAN IRIGASI EMBUNG PENYARING DI KABUPATEN SUMBAWA.

ULFA, FIRDAHYANTI (2021) ANALISIS IDENTIFIKASI PERUBAHAN IKLIM DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA JARINGAN IRIGASI EMBUNG PENYARING DI KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-Ulfa Firdahyanti-F1A117039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Embung Penyaring merupakan salah satu embung yang berada di Kab. Sumbawa, tepatnya di Desa Seketeng, Kec. Sumbawa, Kab. Sumbawa yang di bangun pada tahun 1996 mengairi 200 Ha sawah, ternak dan air baku. Adanya faktor iklim di Indonesia mempengaruhi jumlah banyaknya hari hujan dan curah hujan yang terjadi. Perubahan iklim dilakukan dengan menganalisis kecenderungan curah hujan dan suhu udara menggunakan metode Mann Kendall sedangkan kinerja Daerah Irigasi Penyaring dilakukan penilaian terhadap indeks kinerja bangunan utama dan saluran pembawa menggunakan PERMEN PUPR Nomor 12/PRT/M/2015 tentang Eksploitasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi dan kuisioner menggunakan metode AHP (Analitycal Hierarchy Process). Dari hasil analisis perubahan iklim menggunakan data suhu dan diuji menggunakan metode Mann Kendall diperoleh nilai Z sebesar 7.429 lebih besar daripada nilai Z α/2 artinya terdapat perubahan signifikan sehingga terdapat perubahan iklim pada Daerah Irigasi Penyaring sedangkan penilaian indeks kinerja prasarana fisik bangunan utama dan saluran pembawa Daerah Irigasi Penyaring menurut PERMEN PUPR Nomor 12/PRT/M/2015 didapatkan nilai sebesar 80.69% sedangkan hasil penilaian indeks kinerja prasarana fisik bangunan utama dan saluran pembawa Daerah Irigasi menurut kuesioner didapatkan nilai sebesar 93.15%, sehingga dapat disimpulkan bahwa indeks kinerja prasarana fisik Daerah Irigasi Penyaring sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Iklim, Kinerja, Irigasi.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jan 2022 00:23
Last Modified: 07 Jan 2022 00:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26981

Actions (login required)

View Item View Item