PERBANDINGAN NEUTROPHIL LYMPHOCYTE RATIO (NLR) PADA WANITA HAMIL DAN TIDAK HAMIL DENGAN DIAGNOSIS COVID 19 DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MATARAM

Dwi, Puji Lestari (2021) PERBANDINGAN NEUTROPHIL LYMPHOCYTE RATIO (NLR) PADA WANITA HAMIL DAN TIDAK HAMIL DENGAN DIAGNOSIS COVID 19 DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Karya Tulis Ilmiah_DWI PUJI LESTARI_H1A018028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar Belakang : Coronavirus Disease 2019 (COVID19) merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan manusia yang disebabkan oleh coronavirus. Salah satu pemeriksaan penunjang yang dilakukan yaitu pemeriksaan laboratorium dengan memeriksa Neutrophil Lymphocyte Ratio (NLR) dalam rangka identifikasi awal prognosis keadaan klinis pasien. Wanita hamil merupakan kelompok rentan terinfeksi COVID-19. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui perbandingan Neutrophil Lymphocyte Ratio pada wanita hamil dan tidak hamil dengan diagnosis COVID. Diharapkan dari penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi dan tambahan pustaka untuk penelitian selanjutnya serta meningkatkan pengetahuan mengenai gambaran prognosis suatu penyakit. Metode : Penelitian ini merupakan studi deskriptif retrospektif. Pemilihan sampel berdasarkan total sampling. Besar sampel yang digunakan ialah 142 orang dengan 83 sampel wanita hamil dan 59 sampel wanita tidak hamil. Data yang diambil merupakan data sekunder dari rekam medis pasien COVID-19 yang melakukan pemeriksaan NLR di RS Universitas Mataram. Pengolahan data menggunakan uji chi square dan uji komparasi Kruskal Wallis. Hasil : Ditemukan sebanyak 11% wanita hamil dengan COVID-19 memiliki NLR normal, 42% NLR ringan, dan 47% NLR berat. Sedangkan pada wanita tidak hamil dengan COVID-19 sebanyak 78% memiliki NLR normal, 15% NLR ringan, dan 7% NLR normal. Rata-rata nilai NLR pada wanita hamil yaitu 9,48 sedangkan wanita tidak hamil yaitu 2,78. Dari uji chi square menunjukkan p signifikansi yaitu 0.000. Simpulan : Terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai NLR pada wanita hamil dan tidak hamil dengan COVID-19.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : COVID-19, NLR, Wanita Hamil
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:21
Last Modified: 07 Jan 2022 02:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26983

Actions (login required)

View Item View Item