STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH DESA PRINGGASELA DALAM MENSUKSESKAN PROGRAM SANITASI (Studi Kasus Rukun Warga Makmur, Desa Pringggasela, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat)

Muhammad, Iswandi (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH DESA PRINGGASELA DALAM MENSUKSESKAN PROGRAM SANITASI (Studi Kasus Rukun Warga Makmur, Desa Pringggasela, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-MUHAMMAD ISWANDI-L1B017074.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemerintah desa pringgasela dalam mensukseskan program sanitasi (Studi Kasus Rukun Warga Makmur, Desa Pringggasela, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat).Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Pemerintah Desa Pringgasela dalam melakukan strategi komunikasi dan objek dari penelitian ini adalah strategi komunikasi dari Pemerintah Desa Pringgasela dalam mensukseskan program snaitasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisi data Miles dan Huberman yang melakukan analisis dari hasil pengumpulan data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi yang dilakukan oleh subjek dimulai dari sebuah manajemen komunikasi antara Kementrian PUPR dengan Pemerintah Desa Pringgasela memiliki pembagian pesan komunikasi dan berdasarkan indikator tipe strategi yang digunakan, subjek penelitian menggunakan keseluruhan tipe strategi mulai dari strategi organisasi, strategi program, strategi pendukung sember daya dan strategi kelembagaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Program Sanitasi, Strategi, Pemerintah Desa
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:31
Last Modified: 17 Jan 2022 07:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27186

Actions (login required)

View Item View Item