PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK BUAH NAGA (Hyloceraus polyrhizus) PADA PAKAN BUATAN TERHADAP KECERAHAN WARNA IKAN CUPANG (Betta sp.)

Bayu, Parikesit Wijaya (2022) PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK BUAH NAGA (Hyloceraus polyrhizus) PADA PAKAN BUATAN TERHADAP KECERAHAN WARNA IKAN CUPANG (Betta sp.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Bayu Parikesit Wijaya_C1K017017(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

an Cupang (Betta sp.) merupakan salah satu jenis ikan hias yang mempunya harga relatif tinggi. Warna merupakan salah satu parameter dalam penentuan nilai ikan hias. Buah naga dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas warna pada ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak buah naga pada pakan buatan terhadap kecerahan warna ikan cupang serta menyimpulkan dosis ekstrak buah naga yang tepat untuk meningkatkan kecerahan warna ikan Cupang. Penelitian ini dilaksanakan selama 45 hari mulai dari bulan April – Mei 2021 di Laboraturium Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan sepuluh kali ulangan yaitu P0 (tanpa penambahan ekstrak buah naga), P1 (penambahan ekstrak buah naga 0,25%), P2 (penambahan ekstrak buah naga 0,50%), P3 (penambahan ekstrak buah naga 1,00%), P4 (penambahan ekstrak buah naga 1,50%). Tingkat kecerahan ikan Cupang tertinggi yaitu pada P4 dengan nilai 30,02 dan terendah pada P0 sebanyak 11,55%. Kandungan karotenoid tertinggi yaitu pada P4 dengan nilai 8,56 µmol/g sedangkan kandungan karotenoid terendah yaitu pada P0 dengan nilai 2,54 µmol/g.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Ikan Cupang, Karotenoid, Kecerahan, Ekstrak Buah Naga
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jan 2022 23:44
Last Modified: 19 Jan 2022 23:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27302

Actions (login required)

View Item View Item