ANALISIS PENDAPATAN DAN KELAYAKAN USAHA KELOMPOK TANI HUTAN MURAH HATI DALAM PENGOLAHAN GULA AREN DI DESA BUKIT TINGGI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Ahmad, Khalil Fasha (2022) ANALISIS PENDAPATAN DAN KELAYAKAN USAHA KELOMPOK TANI HUTAN MURAH HATI DALAM PENGOLAHAN GULA AREN DI DESA BUKIT TINGGI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ahmad Khalil Fasha ( C1L014004 ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hutan adalah kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berbasisi sumber daya alam hayati didominasi pepohonanan dalam persekutuan alam lingkungan dengan yang lainnya tidak dapat dipisahkan (UU 41 Tahun 1999). Hasil hutan bukan kayu (HHBK) adalah hasil hutan hayati baik nabati maupun hewani beserta produk turunan dan budidaya kecuali kayu berasal dari hutan, salah satu contoh HHBK adalah aren (Menhut-II 2007). Aren (Arrenga pinnata Merr) merupakan salah satu tanaman perkebunan jenis palma yang memiliki potensi nilai ekonomi yang tinggi dan dapat tumbuh subur di wilayah tropis seperti Indonesia. Beberapa produk turunan dari aren yang berpotensi untuk dikembangkan. Usaha pengolahan gula aren di desa Bukit Tinggi Kabupaten Lombok Barat merupakan usaha yang memberikan nilai tambah pada produk unggulan daerah yaitu gula aren. Usaha ini tidak hanya melibatkan para pelaku usahapengolahan gula aren, tetapi juga melibatkan 37 orang pengrajin gula cetak sebagai pemasok bahan baku utama dan pihak-pihak yang terlibat dalam saluran distribusinya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat. Mengenai anlisis pendapatan dan kelayakan usaha gula aren di desa tersebut dapat disimpulkan; (1) Pendapatan usaha gula aren di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, dalam sebulan rata-rata sebesar Rp. 2,030,688.73, (2) Kelayakan usaha gula aren di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat 2.2, >1 dimana hal ini menunjukkan bahwa setiap pengeluaran Rp 1 maka akan menghasilkan penerimaan sebesar Rp 2,2.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Analisis pendapatan dan kelayakan usaha
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jan 2022 23:44
Last Modified: 19 Jan 2022 23:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27303

Actions (login required)

View Item View Item