PENGARUH EKSTRAK BATANG SERAI (Cymbopogon citratus) DAN DAUN SALAM (Syzygium polyanthum) TERHADAP JUMLAH TANGKAPAN LALAT BUAH Bactrocera sp.

Yunisa, Sucitra (2021) PENGARUH EKSTRAK BATANG SERAI (Cymbopogon citratus) DAN DAUN SALAM (Syzygium polyanthum) TERHADAP JUMLAH TANGKAPAN LALAT BUAH Bactrocera sp. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUNISA SUCITRA (E1A017081).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lalat buah Bactrocera (Diptera: Tephritidae) adalah salah satu hama penting dibidang hortikultura yang sangat merugikan. Batang serai dan daun salam dapat digunakan sebagai atraktan nabati dalam pengendalian hama lalat buah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak etanol batang serai (Cymbopogon citratus) dan daun salam (Syzygium polyanthum) serta campurannya terhadap jumlah tangkapan lalat buah Bactrocera dan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi ekstrak etanol batang serai (Cymbopogon citratus) dan daun salam (Syzygium polyanthum) serta campurannya terhadap jumlah tangkapan lalat buah Bactrocera sp. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK). Data diuji dengan uji analisis varians (ANOVA) dua arah pada taraf signifikansi 95%, yang dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf signifikansi 95%. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan perangkap yang mengandung ekstrak etanol batang serai dan daun salam serta campuran keduanya telah berhasil menanangkap dua jenis lalat buah, yaitu Bactrocera albistrigata (97 individu) dan Bactrocera carambolae (32 individu), sementara perangkap tanpa ekstrak tersebut tidak berhasil menagkap lalat buah Bactrocera. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlakuan ekstrak etanol batang serai (Cymbopogon citratus) dan daun salam (Syzygium polyanthum), serta campurannya berpengaruh nyata terhadap jumlah tangkapan lalat buah Bactrocera, sementara perlakuan konsentrasi ekstrak etanol yang berbeda yaitu 35%, 45%, dan 55% tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah tangkapan lalat buah Bactrocera.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Batang Serai (Cymbopogon citratus); Daun Salam (Syzygium polyanthum); Atraktan; Lalat Buah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:42
Last Modified: 20 Jan 2022 07:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27342

Actions (login required)

View Item View Item