STRATEGI KOMUNIKASI BLUE BIRD LOMBOK TAKSI DALAM MENGANTISIPASI PANDEMI COVID-19 UNTUK MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PUBLIK INTERNAL DAN EKSTERNAL

ADITYA, SANJAYA (2022) STRATEGI KOMUNIKASI BLUE BIRD LOMBOK TAKSI DALAM MENGANTISIPASI PANDEMI COVID-19 UNTUK MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PUBLIK INTERNAL DAN EKSTERNAL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Aditya final ujian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui strategi komunikasi Blue Bird Lombok Taksi dalam mengantisipasi wabah corona untuk mempertahankan loyalitas publik internal (pengemudi serta staff lainnya) dan publik eksternal (pelanggan) dan (2) untuk mengetahui kendala kendala yang dihadapi Blue Bird Lombok Taksi dalam menjalankan strategi komunikasinya. Wilayah kajian teori yang digunakan Corporate Communication and Publik Relations dalam melaksanakan strategi komunikasi dalam mengatasi krisis untuk mempertahankan loyalitas publik internal dan eksternal. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi komunikasi Blue Bird Lombok Taksi dalam mengantisipasi pandemi covid-19 untuk mempertahankan loyalitas publik internal adalah (1) Pendekatan komunikasi interpersonal secara lisan dan tatap muka langsung dengan karyawan dan pengemudi. (2) Komunikator utama adalah manager dan HRD, (3) Gaya komunikasi yang digunakan adalah sebagai teman dan coaching (4) Pesan disampaikan secara berulang-ulang (repetition), dan isi pesan lebih kepada kepedulian terhadap kesehatan karyawan dan pengemudi (5) Saluran komunikasi (media) yang digunakan adalah papan pengumuman dan handphone; dan Strategi komunikasi untuk mempertahankan loyalitas publik eksternal adalah (1) Pesan yang disampaikan lebih menekankan pada keamanan dan kenyamanan penumpang. (2) Komunikator utama adalah pengemudi. (3) Modifikasi standar komunikasi pelayanan dengan prokes pencegahan covid-19 (4) Media yang digunakan adalah media cetak (brosur); Kendala yang dihadapi dalam melaksanakan strategi komunikasinya adalah kurangnya penggunaan media online oleh publik Internal dan eksternal

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Strategi Komunikasi, Loyalitas, Publik Internal, Publik Eksternal, Blue Bird Lombok Taksi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:53
Last Modified: 24 Jan 2022 04:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27374

Actions (login required)

View Item View Item