ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 5 TAHUN 2017 TENTANG PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI DI NUSA TENGGARA BARAT

Susi, Susanti (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 5 TAHUN 2017 TENTANG PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI DI NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SUSI SUSANTI ( C1L017093 ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Daerah Aliran Sungai adalah suatu wilayah daratan merupakan satu kesatuan dengan sungai dan anak-anak sungainya, yang berfungsi menampung, menyimpan, dan mengalirkan air dari curah hujan ke danau atau laut secara alami. Daerah Aliran Sungai terdiri dari beberapa komponen dimana setiap komponen memiliki sifat yang khas dan keberadaannya tidak bisa berdiri sendiri namun berhubungan dengan komponen lainnya membentuk kesatuan sistem ekologi. Untuk mengatur hubungan timbal balik antara sumber daya alam dengan manusia di dalam Daerah Aliran Sungai adalah dengan mengelola Daeah Aliran Sungai. Salah satu alternatif yang dapat mendukung upaya tersebut adalah adanya kebijakan dan peraturan perundang-undangan yang mendukung dan aplikatif. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengkaji penerapan kebijakan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2017 terkait Pengelolaan Daerah Aliran Sungai di Nusa Tenggara Barat dan merumuskan strategi perencanaan dalam mengoptimalkan pelaksanaan kebijakan yang berlaku. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode studi pustaka, wawancara dan observasi. Digunakan 4 kriteria berdasarkan teori William N. Dunn untuk menganalisis kebijakan dan analisis SWOT untuk merumuskan strategi pengelolaan yang tepat. Hasil analisis implementasi kebijakan masuk ke dalam kategori “rendah” dengan nilai 1,58, dengan ini dapat dinyatakan bahwa implementasi kebijakan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai di Nusa Tenggara Barat belum efektif. Adapun strategi pengelolaan dengan nilai tertinggi yaitu: strategi W-O dengan mengoptimalkan Peraturan Pemerintah No 37 Tahun 2012 dan Peraturan Daerah No 5 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Daerah Aliran Sungai, Analisis, Implementasi, Strategi
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 05:30
Last Modified: 25 Jan 2022 05:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27392

Actions (login required)

View Item View Item