PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Farah, Hulwani Lala Junti (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Farah Hulwani Lala Junti(E1Q017020).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kreativitas peserta didik pada materi momentum dan impuls. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Perangkat pembelajaran berbasis proyek un tuk meningkatkan kreativitas pada materi momentum dan impuls yang dikembangkan terdiri atas silabus, RPP, LKPD, dan Instrumen penilaian. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi perangkat pembelajaran oleh validator dan angket respon mahasiswa.Validitas produk pengembangan pada penelitian ini di uji validitasnya oleh 3 orang dosen ahli Pendidikan fisika dan 3 orang guru praktisi mata pelajaran fisika. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perangkat pembelajaran layak untuk dilanjutkan menuju tahap uji coba operasional dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan penilaian oleh validator perangkat memperoleh nilai validitas rata-rata 86.72% dengan kategori sangat layak. Sementara hasil respon mahasiswa terhadap perangkat yang dikembangkan yaitu respon positif dengan nilai rata-rata 100%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model Berbasis Proyek, Kreativitas, Momentum dan Impuls
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:23
Last Modified: 26 Jan 2022 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27475

Actions (login required)

View Item View Item