PENGARUH KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOPANG TAHUN AJARAN 2021/2022

ZULIA, HARTINI (2022) PENGARUH KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOPANG TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Zulia Hartini (The End).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematika dan kemampuan numerik terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 1 Kopang tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kopang. Jumlah sampel sebanyak 36 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Adapun teknik pengambilan data berupa tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis uji prayarat yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu analisis regresi linier sederhana dan berganda. Hasil analisis data menunjukkan: 1) tingkat hubungan antara kemampuan pemahaman konsep matematika dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berada dalam kategori sangat kuat karena diperoleh koefisien korelasinya sebesar 0,844 dan terdapat pengaruh yang positif signifikan dengan kontribusi sebesar 71,2%; 2) tingkat hubungan antara kemampuan numerik dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berada dalam kategori kuat karena diperoleh koefisien korelasinya sebesar 0,726 dan terdapat pengaruh yang positif signifikan dengan kontribusi sebesar 52,6%; 3) tingkat hubungan antara kemampuan pemahaman konsep matematika dan kemampuan numerik dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berada dalam kategori sangat kuat karena diperoleh koefisien korelasinya sebesar 0,869 dan terdapat pengaruh yang positif signifikan dengan kontribusi sebesar 75,6%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: kemampuan pemahaman konsep matematika, kemampuan numerik, kemampuan menyelesaikan soal cerita.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:53
Last Modified: 27 Jan 2022 03:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27505

Actions (login required)

View Item View Item