KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PROSES GRADUASI KELUARGA PENERIMA MANFAAT (KPM) PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA BUWUN MAS, SEKOTONG LOMBOK BARAT

HIDAYATUL, RIZKI YANA (2022) KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PROSES GRADUASI KELUARGA PENERIMA MANFAAT (KPM) PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA BUWUN MAS, SEKOTONG LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FILE SKRIPSI HIDAYATUL RIZKI YANA(L1B017042).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Desa Buwun Mas adalah salah satu Desa di Kecamatan Sekotong yang masyarakatnya banyak mendapatkan bantuan sosial PKH. PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH. PKH memiliki ciri khas yang berbeda dengan bantuan sosial lainnya, yaitu adanya Graduasi. Graduasi adalah berakhirnya masa kepesertaan PKH dikarenakan sudah tidak memiliki komponen kepesertaan atau ekonomi KPM sudah sejahtera. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa masih banyak KPM PKH Desa Buwun Mas yang menolak untuk di Graduasi, meski ekonominya sudah sejahtera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana proses Komunikasi Persuasif yang dilakukan oleh Pendamping PKH dan Perangkat Desa dalam proses Graduasi KPM PKH Desa Buwun Mas, bagaimana bentuk dan metode Komunikasi Persuasif yang digunakan serta apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat keberhasilan Komunikasi Persuasif yang dilakukan oleh Pendamping PKH kepada KPM PKH Desa Buwun Mas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, penelitian dilakukan di Desa Buwun Mas Sekotoong, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, teknik analisis data menggunakan metode Miles and Huberman, dan teknik uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menemukan bahwa Komunikasi Persuasif antara Pendamping PKH dan Perangkat Desa kepada KPM PKH cukup sering dilakukan dan terjadi terus menerus tidak terbatas pada waktu, namun terbatas pada ruang, artinya setiap ada pertemuan P2K2, home visit, dan Musyawarah Desa pembahasan mengenai Graduasi selalu disampaikan. Faktor pendukung keberhasilan komunikasi persuasif antara KPM PKH dengan Pendamping PKH adalah hubungan baik yang terjalin antara Pendamping dengan KPM PKH. Serta dalam proses komunikasi yang terjadi, Pendamping PKH melibatkan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat untuk membantu mempersuasi KPM agar bersedia di Graduasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: PKH, KPM, Graduasi, Komunikasi Persuasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:56
Last Modified: 27 Jan 2022 03:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27521

Actions (login required)

View Item View Item