EFEKTIVITAS KOMUNIKASI CAMAT DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK SOSIAL DI MASYARAKAT (Studi Kasus Resolusi Konflik Pernikahan Beda Agama di Kecamatan Ampenan Kota Mataram)

Darmiani, Darmiani (2022) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI CAMAT DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK SOSIAL DI MASYARAKAT (Studi Kasus Resolusi Konflik Pernikahan Beda Agama di Kecamatan Ampenan Kota Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi (Darmiani_L1b017023).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Efektivitas Komunikasi Camat dalam Menyelesaikan Konflik Sosial di Masyarakat (Studi Kasus Resolusi Konflik Pernikahan Beda Agama di Kecamatan Ampenan Kota Mataram). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas komunikasi camat dalam menyelesaikan konflik yang terjadi di masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deksriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman, selanjutnya teknik keabsahan data menggunakan tiga tahap analisis yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas komunikasi Camat dalam menyelesaikan konflik pernikahan beda agama sudah efektif. Berdasarkan tolak ukur komunikasi efektif menurut Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss, komunikasi dianggap efektif paling tidak menghasilkan 5 (lima) hal yakni: adanya pemahaman atau membangun rasa pengertian yang sama, mengembangkan rasa senang, mengubah sikap ke arah yang dikehendaki, membangun hubungan sosial yang baik, dan menimbulkan tindakan sesuai yang diharapakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Efektivitas Komunikasi, Komunikasi Camat, Penyelesaian Konflik, Konflik Pernikahan Beda Agama.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Feb 2022 23:52
Last Modified: 01 Feb 2022 23:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27551

Actions (login required)

View Item View Item