PENGARUH DOSIS PUPUK KANDANG AYAM DAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR MULTITONIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.)

Yusmita, Yusmita (2022) PENGARUH DOSIS PUPUK KANDANG AYAM DAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR MULTITONIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUSMITA OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk kandang ayam dan konsentrasi pupuk organik cair Multitonik dan interaksinya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada (Lactuca sativa L.). Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan satu penelitian eksperimental yang dirancang berdasarkan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial dua faktor yaitu dosis pupuk kandang ayam (P) dan konsentrasi pupuk organik cair Multitonik (T). Terdapat 3 aras perlakuan dosis pupuk kandang ayam yaitu P1: 2kg/petak (setara 10 ton/ha), P2: 3kg/petak (setara 15 ton/ha), dan P3: 4kg/petak (setara 20 ton/ha). Pupuk organik cair multitonik diperlakukan dengan 4 aras konsentrasi yaitu T0 = Tanpa pupuk, T1 = 2ml/liter, T2 = 3ml/liter, dan T3= 4ml/liter dengan 12 kombinasi perlakuan dan 3 ulangan sehingga terdapat 36 plot percobaan berukuran 100 cm x 100 cm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis pupuk kandang ayam dan konsentrasi pupuk organik cair multitonik berinterasi dalam mempengaruhi laju pertambahan jumlah daun dan berat berangkasan basah tanaman selada tetapi tidak berinteraksi dalam mempengaruhi laju pertumbuhan tinggi tanaman selada. Laju pertambahan tinggi tanaman tertinggi (1.62 cm/minggu) ditunjukkan oleh tanaman yang diperlakukandengan pupuk kandang ayam 10 ton/ha yang dikombinasikan dengan pupuk organik cair multitonik dengan konsentrasi 3ml/liter. Untuk laju pertumbuhan jumlah daun memiliki nilai tertinggi (1.12867 cm/minggu) dari dosis pupuk kandang ayam P3 (20 ton/ha), dan konsentrasi pupuk organik cair multitonik T1 (2 ml/liter air). Begitu pula interaksi perlakuan antara dosis pupuk kandang ayam dan konsentrasi pupuk organik cair multitonik berpengaruh nyata terhadap berat berangkasan basah tanaman seleda.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Selada, dosis, konsentrasi, pupuk kandang ayam, pupuk organik cair multitonik
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Feb 2022 23:52
Last Modified: 01 Feb 2022 23:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27554

Actions (login required)

View Item View Item