KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN INDUK SAPI BALI MENGGUNAKAN SEMEN SAPI BALI DAN LIMOUSIN DI UPT PUSKESWAN WILAYAH TENGAH KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT

ABDURRAHMAN, ABDURRAHMAN (2022) KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN INDUK SAPI BALI MENGGUNAKAN SEMEN SAPI BALI DAN LIMOUSIN DI UPT PUSKESWAN WILAYAH TENGAH KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi ABDURRAHMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui tingkat keberhasilan Inseminasi Buatan (IB) induk sapi Bali yang diinseminasi dengan semen beku sapi Bali dan Limousin di UPT Puskeswan Wilayah Tengah Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Berdasarkan Non retrun rate (NRR), Service per conception (S/C) dan Conception rate (CR) dan mengatahui tingkat keberhasilan Inseminasi buatan (IB) pada induk sapi Bali yang di inseminasi dengan semen beku sapi Bali dan Limousin. metode penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode survey. Pengambilan sampel di 21 Desa di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. data yang dikumpulkan ditabulasi dan dianalisis menggunakan standar statistik sederhana yaitu persentase, rata-rata dan standar deviasi. Hasil penelitian ini menyatakan Non retrun rate (NRR) yang didapat secara keseluruhan sebanyak 65,5% pada sapi Bali 50,9% sedangkan sapi Limousin 88,5%, Service per conception (S/C) secara keseluruhan sebanyak 1,564 pada sapi Bali yaitu 1,564 sedangkan sapi Limousin 1,1 dan Conception rate (CR) secara keseluruhan sebanyak 65,5% pada sapi bali yaitu 50,9% sedangkan sapi limousin yaitu 88,5% . kesimpulan, sapi Limousin secara keseluruhan lebih baik daripada sapi Bali.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Faktor Keberhasilan, Inseminasi Buatan, Jenis Semen Beku, Sapi Bali
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Feb 2022 23:53
Last Modified: 01 Feb 2022 23:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27565

Actions (login required)

View Item View Item