RECEPTION ANALYSIS ENCODING DECODING OLEH MAHASISWA PRODI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MATARAM PADA FILM KUCUMBU TUBUH INDAHKU KARYA GARIN NUGROHO

Rana, Arisanti (2022) RECEPTION ANALYSIS ENCODING DECODING OLEH MAHASISWA PRODI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MATARAM PADA FILM KUCUMBU TUBUH INDAHKU KARYA GARIN NUGROHO. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_RANA ARISANTI (L1B017094).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Film Kucumbu Tubuh Indahku merupakan film yang mengusung tema mengenai isu gender. Film ini menjadi sorotan publik hingga menuai kontroversi. Salah satunya adalah dengan munculnya petisi yang melarang film ini untuk ditayangkan karena dikhawatirkan dapat memberikan informasi yang negatif dan memberikan dampak negatif pada perilaku sosial masyarakat, terutama adanya perilaku seksual menyimpang, dan dikhawatirkan mempengaruhi cara pandang masyarakat khususnya generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Reception Analysis Encoding Decoding Oleh Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram Pada Film Kucumbu Tubuh Indahku. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kombinasi (mix methods) dengan menggunakan desain penelitian The exploratory sequential design dan Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pra-survey, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analsisi data menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Melalui penelitian ini dapat dilihat Reception Analysis Encoding Decoding Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mataram Angkatan 2017 dan 2018 menunjukkan bahwa Pesan Text dalam Film Kucumbu Tubuh Indahku menunjukkan dominasi tidak sampai kepada audiens. Pesan yang mendominasi di audiens yaitu Juno merupakan seorang yang pria yang feminin tetapi sangat kurang memiliki pesan maskulin yang seharusnya dimiliki oleh seorang pria pada umumnya. Film ini juga dapat menjadi media alternatif dalam membuka ruang diskusi mengenai isu gender yang masih dianggap tabu sehingga khalayak atau penonton lebih dapat memahami pesan yang terkandung dalam film.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Reception Analysis, Film, Encoding Decoding
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Feb 2022 00:58
Last Modified: 07 Feb 2022 00:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27648

Actions (login required)

View Item View Item