POLA KOMUNIKASI KADER POSYANDU BERLIAN TERHADAP MASYARAKAT DESA MIDANG PADA PROGRAM REVITALISASI POSYANDU DALAM MENGURANGI MASALAH SAMPAH PLASTIK

Rima, Meilina (2021) POLA KOMUNIKASI KADER POSYANDU BERLIAN TERHADAP MASYARAKAT DESA MIDANG PADA PROGRAM REVITALISASI POSYANDU DALAM MENGURANGI MASALAH SAMPAH PLASTIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIMA MEILINA L1B017097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi kader posyandu berlian terhadap masyarakat Desa Midang pada program revitalisasi posyandu dalam mengurangi masalah sampah plastik Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu observasi, wawancaran, atau pengolahan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam (in-depth interview), observasi dan juga penelaahan dokumen yang relevan dengan penelitian. Teknik analsis data menggunakan model dari Miles dan Huberman yaitu mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi yang Kader Posyandu Berlian terhadap masyarakat menggunkaan pola komuniksi linear dan pola komunikasi sirkular. Hal ini terbukti dengan sering diadakannya pertemuan antar warga dengan kader posyandu, pertemuan yang dilakukan yaitu dengan perencanaan. Selain itu salah satu kegiatan posyandu yaitu pengelolaan sampah plastic menjadi ecobrick dapat berjalan karena silaturahmi yang dilakukan oleh kader posyandu kepada masyarakat terus terjalin dengan baik seperti pembacaan solawat setiap malam jumaat, senam sore yang di lakukan setiap satu minggu sekali dan kegiatan gotong royong.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Kader Posyandu, Pola Komunikasi, Program Ecobrick
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Feb 2022 02:07
Last Modified: 09 Feb 2022 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27667

Actions (login required)

View Item View Item