KECERNAAN IN-VITRO BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK DEDAK PADI ASAL PENGGILINGAN DIAM YANG DIFERMENTASI DENGAN Saccharomyces cerevisiae

AGUSTINA, ARIYANI (2022) KECERNAAN IN-VITRO BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK DEDAK PADI ASAL PENGGILINGAN DIAM YANG DIFERMENTASI DENGAN Saccharomyces cerevisiae. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AGUSTINA ARIYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecernaan in-vitro bahan kering dan bahan organik dedak padi asal penggilingan diam yang difermentasi dengan Saccharomyces cerevisiae, dilaksanakan di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan September sampai Oktober 2020. Penelitian didesain berdasarkan rancangan acak lengkap pola faktorial 3×3. Faktor pertama adalah level inokulasi Saccharomyces cerevisiae (0%, 2%, dan 4%). Faktor kedua adalah faktor lama waktu fermentasi yaitu 7, 14 dan 21 hari. Perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis variansi dengan model Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial 3x3, dan dilanjutkan dengan Uji Lanjut Jarak Berganda Duncan’s menggunakan paket program statistik SAS 2001. Hasil penelitian menunjukkan bahwa level penggunaan Saccharomyces cerevisiae 4% dan lama waktu fermentasi 21 hari berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap nilai Kecernaan Bahan Kering maupun Kecernaan Bahan Organik dedak padi asal penggilingan diam, dan terdapat interaksi nyata (P<0,05) antara level penggunaan Saccharomyces cerevisiae dan lama waktu fermentasi terhadap nilai Kecernaan Bahan Kering dedak padi, tetapi tidak terdapat interaksi yang nyata (P>0,05) antara level penggunaan Saccharomyces cerevisiae dengan lama waktu fermentasi terhadap nilai Kecernaan Bahan Organik dedak padi asal penggilingan diam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kecernaan in-vitro, dedak padi, fermentasi, Saccharomyces cerevisiae
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Feb 2022 02:08
Last Modified: 09 Feb 2022 02:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27678

Actions (login required)

View Item View Item