PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V SDN 15 MATARAM

FITRATUNNISAH, FITRATUNNISAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V SDN 15 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Active Debate Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN 15 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan ialah Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi pada penelitian ini berjumlah 41 sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Uji normalitas dilakukan dengan perhitungan data berupa tes keterampilan berbicara pre-test dan post-test menggunakan rumus kolmogorov smirnov dengan taraf sig 5% (0,05) kemudian setelah data berdistribusi normal dilakukan uji homogenitas yang diperoleh dari hasil perhitungan post-test, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji t menggunakan perhitungan data post-test siswa. Hasil analisis data didapatkan nilai sig 2 tailed sebesar 0,016 yang nilainya kurang dari 0,05, maka berdasarkan hipotesis penelitian, jika nilai sig 2 tailed ≤ 0,05 t-tabel maka Ho ditolak dan Hₐ diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Active Debate Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN 15 Mataram Tahun Pelajaran 2021. Dengan penelitain ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan dirujuk untuk penelitian selanjutnya, pada mata pelajaran yang berbeda.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci :Active Debate , Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Feb 2022 02:08
Last Modified: 09 Feb 2022 02:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27682

Actions (login required)

View Item View Item