BRAND IMAGE PKS NTB DI LAMAN MEDIA SOSIAL (STUDI ANALISIS ISI PADA FANPAGE FACEBOOK PKS NTB)

Siti, Ida Royani (2022) BRAND IMAGE PKS NTB DI LAMAN MEDIA SOSIAL (STUDI ANALISIS ISI PADA FANPAGE FACEBOOK PKS NTB). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Siti_Ida_Royani__After_SIDANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merupakan partai yang baru terbentuk pada tahun 1998, namun mampu bertahan dan bersaing dengan partai lainnya pada saat pemilu hingga saat ini, terlebih di Nusa Tenggara Barat. Hal ini dikarenakan DPW PKS NTB mampu mengoptimalkan media sosialnya sebagai tempat untuk melakukan branding image pada setiap kegiatan-kegiatannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana Brand Image DPW PKS NTB dalam Fanpage Facebook PKS NTB. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis isi deskriprtif pada media sosial fanpage facebook PKS NTB dengan berfokus pada postingan selama periode Maret April Mei 2021. Perolehan data persentase tingkat keterpaparan didasarkan pada 4 (empat) level, yaitu Tingkat Keterpaparan dikatakan rendah apabila berada berada di bawah 10%, Tingkat Keterpaparan dikatakan sedang apabila berada berada di antara 10%-35%, Tingkat Keterpaparan dikatakan tinggi apabila berada berada di antara 35%-60%, dan Tingkat Keterpaparan dikatakan sangat tinggi apabila berada berada di atas 60%. Sementara itu, berdasarkan hasil analisis isi, didapatkan persentase komentar yang menggambarkan brand image, dimana brand image dikatakan baik jika persentase sebesar 76%-100%, brand image baik jika persentase sebesar 51%-75%, brand image buruk jika persentase sebesar 26%-50%, dan brand image sangat buruk jika persentase sebesar 0%-25%. Oleh karena itu, Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat keterpaparan postingan fanpage facebook PKS NTB periode Maret, April, Mei 2021 sebesar 13,46%. Respon tersebut berupa 1667 like (suka) 154 coment (komentar) 199 share (dibagikan). Berdasarkan indikator, maka tingkat keterpaparan postingan fanpagefacebook PKS NTB periode Maret April dan Mei 2021 masuk ke dalam kategori sedang karena berada di antara 10%-35%. Sedangkan dalam Analisis isi menunjukkan bahwa persentase tingkat komentar kategori sangat baik pada postingan fanpage facebook PKS NTB periode Maret, April dan Mei 2021 mencapai 88.96%. Sedangkan persentase total komentar baik pada periode Maret, April dan Mei 2021 sebesar 8,44%, komentar lainnya sebesar 2,60%, dan tidak terdapat sama sekali komentar buruk dan sangat buruk Selama periode Maret, April dan Mei 2021. Berdasarkan indikator tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa brand image DPW PKS NTB di laman media sosial (fanpage facebook PKS NTB) dikatakan sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Brand Image, Fanpage, Facebook DPW PKS NTB.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2022 05:36
Last Modified: 10 Feb 2022 05:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27716

Actions (login required)

View Item View Item