PENGARUH FRAKSI VOLUME SERAT ANYAM SUTERA DAN BATANG SEMBUKAN TERHADAP KEKUATAN TARIK DAN IMPAK KOMPOSIT DENGAN MATRIKS EPOXY

BAGUS, SETIAWAN (2022) PENGARUH FRAKSI VOLUME SERAT ANYAM SUTERA DAN BATANG SEMBUKAN TERHADAP KEKUATAN TARIK DAN IMPAK KOMPOSIT DENGAN MATRIKS EPOXY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir Bagus Setiawan F1C114006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi pembuatan material komposit berkembang lebih pesat untuk menjawab permintaan pasar. Material komposit sendiri merupakan gabungan antara dua unsur atau lebih yang disusun dengan cara tertentu untuk mendapatkan sifat yang baru pada material. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa kekuatan tarik dan impak komposit berpenguat serat batang sembukan dan serat sutera pada fraksi volume serat yang digunakan adalah 10%, 20% dan 30% orientasi serat anyam dengan matriks epoxy. Hasil penelitian menunjukan semakin besar fraksi volume serat maka semakin besar pula kekuatan tariknya. Kekuatan tarik paling tinggi terdapat pada fraksi volume serat 30% yaitu sebesar 7,0079 Mpa. Sama halnya dengan uji ketangguhan impak semakin besar fraksi volume maka semakin besar nilai ketangguhanya. Ketangguhan impak paling tinggi terdapat pada fraksi volume serat 30% yaitu sebesar 0,01349 J/mm2.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Komposit, Serat Sembukan, Serat Sutera Fraksi volume, Resin Epoxy, Kekuatan Tarik, Kekuatan Impak.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2022 05:37
Last Modified: 10 Feb 2022 05:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27747

Actions (login required)

View Item View Item